Trik masak beras ketan agar teksturnya pas, tak terlalu lembek dan mudah mengeras

Trik masak beras ketan agar teksturnya pas, tak terlalu lembek dan mudah mengeras
YouTube/Dapur Ayami

Brilio.net - Berbeda dengan beras pada umumnya, beras ketan punya tekstur yang lebih lengket dan kenyal setelah dimasak. Oleh karena itu, beras ketan lebih sering dijadikan sebagai bahan dasar untuk aneka kue basah tradisional. Misalnya untuk olahan tape, bubur ketan, bacang, kue talam, dan masih banyak lagi.

Tapi sebelum siap disantap dan diolah, beras ketan harus dimasak terlebih dahulu agar teksturnya lembut. Jika biasanya beras dimasak dengan air, beras ketan harus dimasak dengan santan. Selain membuat tekstur ketan jadi lengket, penggunaan santan juga menambah citanya.

Selain menggunakan santan, ada teknik khusus untuk memasak beras ketan ini, lho. Pasalnya proses memasak akan memengaruhi ketan yang sudah matang. Idealnya ketan yang matangnya pas punya tekstur pulen dan tidak terlalu lembek. Permukaannya juga tak mudah kering dan keras saat disimpan.

Nah, jika asal-asalan, hasil beras ketan bisa tak sesuai ekspektasi. Misalnya tekstur ketan jadi lembek dan mudah basi. Sedangkan jika kenta mudah keras dan kering, tentu jadi nggak enak saat disantap.

Untuk menghindari hal tersebut, kamu bisa meniru sebuah trik memasak beras ketan yang dibagikan oleh pengguna YouTube Dapur Ayami. Dalam salah satu video yang diunggah, dia mengaku memiliki trik tersendiri dalam memasak beras ketan agar teksturnya pas.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Mie Bar, nyobain bermacam-macam mie dari seluruh asia

    Jalan Makan Mie Bar, nyobain bermacam-macam mie dari seluruh asia

  • This Or That With Gratia Elena dan Agseisa, nyobain loaded fries kekinian yang kejunya luber-luber

    This Or That With Gratia Elena dan Agseisa, nyobain loaded fries kekinian yang kejunya luber-luber

  • Jalan Makan Ayam Gohyong, ngantre 2 jam demi kuliner garing dan gurih ini

    Jalan Makan Ayam Gohyong, ngantre 2 jam demi kuliner garing dan gurih ini

Review

Selengkapnya