Trik mengatasi puding yang menggumpal saat dimasak, mudah ditiru

22 / 09 / 2022 22:01 WIB Annathiqotul Laduniyah
Trik mengatasi puding yang menggumpal saat dimasak, mudah ditiru
foto: freepik.com

Brilio.net - Setelah menyantap makanan berat, biasanya orang ingin mengonsumsi makanan manis sebagai pencuci mulut. Nah, salah satu dessert yang enak dan praktis dibuat adalah puding. Puding memiliki rasa manis dan tekstur lembut. Sehingga banyak disukai oleh berbagai usia.

Memasak puding memang tampak mudah. Terlebih, kini sudah banyak beredar puding instan di pasar. Kamu tinggal membuatnya sesuai instruksi yang tertera di kemasannya. Walau cenderung mudah, namun ternyata beberapa orang kerap mengalami beberapa kendala saat memasak puding.

Salah satunya puding bisa menggumpal ketika dimasak. Nah, puding yang menggumpal seperti ini tentu bisa jadi masalah yang krusial lantaran bisa memengaruhi hasil akhirnya. Tentu kamu tak ingin sensasi menyantap puding yang lembut jadi terganggu dengan adanya gumpalan-gumpalan dari adonan puding yang belum merata, kan?

Bagi yang kesulitan mengatasi puding menggumpal, kamu bisa mengikuti trik yang dibagikan salah satu pengguna TikTok. Lewat unggahannya di akun TikTok/@foodinhands, akun tersebut menunjukkan trik simpel mengatasi gumpalan puding. Ia pun penampilan gumpalan puding cukup besar saat dimasak.

"Kenapa kalo buat puding Nutrijel selalu kayak gini? Pas dimasak kayak menggumpal gitu, padahal udah sesuai instruksi di kemasan," paparnya.

Trik mengatasi puding yang menggumpal saat dimasak, mudah ditiru

foto: TikTok/@linadebora

Untuk mengatasi hal tersebut, dia pun membeberkan trik tertentu. Dilansir BrilioFood pada Kamis (22/9), gumpalan tersebut bisa dilebur dengan cara ditekan-tekan ke arah pinggiran panci. Pengunggah video tersebut menggunakan sendok sayur stainless karena memiliki bagian bawah yang lebar dan kuat.

Trik mengatasi puding yang menggumpal saat dimasak, mudah ditiru

foto: TikTok/@linadebora

Sehingga puding yang menggumpal bisa dengan mudah melebur saat ditekan-tekan. Trik ini cukup efektif meminimalisir gumpalan pada puding saat dimasak. Dengan begitu, tekstur puding jadi lebih halus dan rasanya pun tetap enak.

Trik mengatasi puding yang menggumpal saat dimasak, mudah ditiru

foto: TikTok/@linadebora

Dari video yang telah ditonton ratusan ribu kali tersebut, tampaknya beberapa warganet pun turut membagikan trik lain saat memasak puding agar tidak menggumpal. Trik-trik tersebut kemudian diungkapkan melalui kolom komentar.

"Gula+nutrijel aduk rata dulu baru tambah susu/air dikit aduk pelan smp rata tambah air dikit aduk, air dikit aduk gt smp air hbs br d masak deh," kata TikTok/@picaoyayubi.

"Kalo gw aduk pake wisker di jamin tercmpur. rata dan ga gumpal cmiwiw," jelas TikTok/@linadebora di kolom komentar.

Proses mencampur dan mengaduk puding sangat berpengaruh pada gumpalan yang dihasilkan ketika puding dimasak. Oleh karena itu, pastikan puding sudah larut dan tercampur rata sebelum dimasak di atas kompor. Untuk proses mengaduk ini, beberapa warganet bahkan ada yang menggunakan blender dan lain sebagainya.

"Kalo aku di blender dulu sama air sama gula dan susu (selera), tp selalu berhasil ga ngegerinjel gitu," jelas TikTok/@ameliaayuniarr.

"Kalo gw mah masukin ke botol dulu bubuk ma air trus kocok-kocok smpe larut dijamin gkan ada grenjil2nya," sahut TikTok/@misswhateverever89.

Setelah itu, puding bisa dimasak dengan cara diaduk menggunakan sendok sayur atau whisk. Dijamin tidak puding tidak menggumpal dan hasilnya pun lebih mulus.

@foodinhands Ada yang tau triknya? #tipsandtricks #reseptiktok #pudingcoklat #puding #tipsmasak #foodinhands #fyp #masakdirumah #KiehlsCalendulaGlow suara asli - Koko - Tik Toker

(brl/mal)

Video

Selengkapnya

Siomay Bandung

  • Mochi Gulung

    Mochi Gulung

  • Sawi Putih Crispy Asam Manis

    Sawi Putih Crispy Asam Manis

  • Spaghetti Brulee Sambal Ijo

    Spaghetti Brulee Sambal Ijo

Review

Selengkapnya