Trik menggoreng bawang merah agar aromanya kuat dan super renyah

Trik menggoreng bawang merah agar aromanya kuat dan super renyah
Lezat Dan Bikin Nagih. |

Selanjutnya, salah satu bagian bawang ia sisihkan karena tak ingin dicampur dengan bahan lain maupun dicuci sama sekali. Satu bagian bawang lagi ia cuci dengan air biasa lalu ditiriskan. Sisa bawang lainnya ia remas menggunakan air cuka, selanjutnya dibilas dengan air sampai benar-benar bersih.

Trik menggoreng bawang merah agar aromanya kuat dan super renyah

foto: YouTube/Ceceromed Kitchen

Setelah itu, ketiga bagian bawang tersebut ia goreng satu per satu. Tetapi rupanya, ketiganya punya hasil gorengan yang berbeda dari segi warna dan rasa, lho. Bawang goreng yang menggunakan cuka hasilnya lebih pucat dan rasanya cenderung ringan. Bahkan menurut Cece, sekilas rasa bawang goreng yang sebelumnya diremas pakai cuka ini mirip keripik biasa.

Sementara bawang goreng yang dicuci pakai air punya rasa sedikit lebih kuat dan warnanya makin gelap, dibanding bawang goreng yang diremas cuka. Di sisi lain, berbeda lagi dengan bawang goreng yang tidak dicuci maupun ditambahkan bahan apapun, hasilnya justru lebih kecokelatan, rasa, serta aroma dari bawangnya pun lebih kuat.

Trik menggoreng bawang merah agar aromanya kuat dan super renyah

foto: YouTube/Ceceromed Kitchen

Menurut Cece, justru bawang merah goreng yang tanpa dicuci ini yang hasilnya lebih memuaskan. Selain renyah, rasa dan aromanya juga lebih sedap, lho. Bahkan, tak perlu repot-repot dan menghabiskan banyak waktu maupun tenaga untuk mencucinya sebelum digoreng, nih.

"Renyah banget dan aroma bawangnya kuat, jadi tuh sedep banget yang nggak dicuci itu. Kalau menurut saya renyahnya sama yang dicuci dan nggak dicuci, cuma aroma bawangnya memang lebih kuat yang nggak dicuci," jelas Cece.

Nah, kalau kamu, lebih memilih cara bikin bawang merah goreng yang mana, nih? Unggahan milik Cece ini mendapat berbagai antusias dari warganet di kolom komentarnya, lho. Di samping itu, video ini pun sudah ditonton ratusan ribu kali.

"Mantap eksperimennya kak. Mau coba salah satu dr 3 choice," kata YouTube/DapoerFS.

"Terima kasih infonya.klu sy lbh suka yg tdk di cuci krn rasa aslinya mantab ," ujar YouTube/Vallery Salon.

"Terima kasih utk resep bawang goreng dgn 3 cara, sy akan coba yg tidak dicuci krn lebih terasa bawangnya," tulis YouTube/Lily Ana.

"Terima Kasih untuk berbagi pengalaman. Saya juga sudah mencoba berbagai cara. Saat ini yang favorit, tanpa dicuci dan rasanya lebih nikmat dan kriuk," jelas YouTube/D3d3 D3d3.

"Betul aku juga pernah goreng, untuk rasa enak yg gak di cuci( cuci nya setelah di kupas aja) dan gak di tambah apapun termasuk garam dll," ungkap YouTube/Petani Ruwet.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya