Trik menggoreng donat agar hasilnya mulus, antikempis, dan tak menyerap banyak minyak

Trik menggoreng donat agar hasilnya mulus, antikempis, dan tak menyerap banyak minyak
foto: YouTube/Hadi Home Bakery

Brilio.net - Siapa sih yang nggak suka donat? Makanan satu ini termasuk salah satu kerap dipilih sebagai camilan andalan banyak orang. Selain karena teksturnya yang lembut, donat juga semakin lezat ketika disantap dengan berbagai macam topping, seperti gula halus, vla, atau glaze aneka rasa.

Namun di balik rasanya yang lezat, donat ini dibuat dengan proses yang cukup rumit, lho. Banyak orang yang mengaku gagal karena hasil donat cepat kempis dan keriput. Bahkan ada juga hasil donat yang jadi lembek karena menyerap terlalu banyak minyak saat digoreng.

Pada dasarnya, ada sejumlah teknik yang harus diterapkan jika hendak membuat donat yang mulus dan mengembang sempurna. Mulai dari bahan yang dipakai, proses menguleni, dan proofing. Nah, proofing atau mendiamkan adonan ini akan membuat adonan jadi mengembang dan bisa menghasilkan tekstur donat yang mulus.

Selain itu, proses penggorengan juga harus diperhatikan, lho. Karena donat harus digoreng dengan banyak minyak, jadi ada trik khusus supaya hasilnya tidak berminyak dan jadi lembek. Beruntungnya, seorang pengguna YouTube Hadi Home Bakery pernah membagikan trik menggoreng donat yang hasilnya mulus, antikempis, dan tak menyerap banyak minyak.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya