Trik mengukus donat agar tidak mengerut dan kempis, dijamin antigagal

Trik mengukus donat agar tidak mengerut dan kempis, dijamin antigagal
YouTube/Rekyta channel

Brilio.net - Berkembangnya tren kuliner membuat aneka macam menu makan juga kian banyak varian. Misalnya donat. Dulu, donat hanya dibuat dengan cara digoreng atau dipanggang. Namun kini, ada pula varian donat yang dimasak dengan cara dikukus.

Bentuk donat kukus ini berbeda dengan donat pada umumnya. Donat kukus cenderung bulat tanpa lubang di tengahnya. Untuk penyajiannya, donat akan disusun di wadah lalu disiram vla aneka rasa. Bentuk dan penyajiannya tak seperti biasanya, membuat donat kekinian ini sangat populer.

Jika hendak membuat donat kukus, pastikan kamu mengukusnya dengan tepat, ya. Bukan tanpa alasan, mengukus adonan donat secara sembarangan, bisa menyebabkan adonannya mudah kempis atau mengerut sesaat setelah diangkat dari kukusan. Kondisi donat yang mengerut dan kempis tentu kurang menarik, terlebih jika hendak dijual.

Untuk mencegah masalah tersebut, kamu bisa meniru sebuah trik yang dibagikan oleh pengguna Youtube Rekyta channel. Melalui salah satu unggahannya, dia menjelaskan dengan detail apa saja hal-hal yang memengaruhi hasil akhir donat kukus kalau berubah kempis.

"Karena saya awal membuat ini juga selalu gagal dan selalu mengerut. Tapi setelah trial berkali-kali, sudah bisa dibilang sukses. Nggak pernah lagi amblas atau mengerut," kata YouTube Rekyta channel, dikutip BrilioFood pada Kamis (30/3).

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya