Trik rebus tulang sapi agar cepat empuk dan hemat gas, antiribet

Trik rebus tulang sapi agar cepat empuk dan hemat gas, antiribet
Siapkan juga potongan pepaya. |

Nggak asal direbus, kamu perlu pakai trik khusus agar lebih menghemat waktu serta tak boros gas saat merebusnya. Trik khusus merebus tulang sapi tersebut dibagikan oleh channel YouTube/Ida Maisyaroh. Lewat videonya, pemilik akun tersebut menunjukkan setiap tahapan merebus tulang sapi agar menjadi cepat empuk.

"Cara merebus tulang sapi agar cepat empuk/ternyata ada rahasianya," tulisnya dilansir BrilioFood pada Rabu (22/11).

Pertama-tama, kamu bisa siapkan tulang sapi yang akan diolah. Tanpa perlu mencucinya terlebih dahulu, kamu bisa langsung susun atau menaruh tulang sapi ke dalam wajan atau panci. Jika sudah, tuangkan air hangat sampai seluruh permukaan tulang sapi terendam secara sempurna. Kemudian tutup panci dan nyalakan apinya.

Trik rebus tulang sapi agar cepat empuk dan hemat gas, antiribet

foto:YouTube/Ida Maisyaroh

Tak pakai lama, tulang sapi hanya perlu direbus selama lima menit dan matikan api kompor. Jagngan langsung membuka panci, tulang sapi tersebut harus didiamkan terlebih dahulu selama 30 menit. Jika sudah, buka tutup dan buang air rebusan.

Dalam video tersebut, kemudian tambahkan kembali air hangat lagi ke dalam wajan atau panci. Lalu tambahkan potongan pepaya muda ke dalamnya. Nggak sampai di situ, panci harus ditutup dan direbus lagi selama lima menit.

Trik rebus tulang sapi agar cepat empuk dan hemat gas, antiribet

foto: YouTube/Ida Maisyaroh

Penambahan potongan pepaya muda ini dipercaya dapat membuat tulang sapi menjadi empuk. Dilansir dari webmd.com, pepaya muda mengandung enzim papain dan kimopapain yang merupakan enzim protase, yang mampu menghidrolisis protein daging. Jika sudah, matikan kompor dan tiriskan tulang sapi.

Jika tulang sapi sudah mulai empuk, bisa langsung mengolahnya menjadi beragam masakan yang menggiurkan. Jika penasaran, kamu bisa langsung mempraktikkannya di rumah. Video yang sudah diunggah setahun yang lalu ini telah ditonton hingga belasan ribu kali serta mendapatkan ratusan likes.

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya