Viral tempe sudah dipotong balik utuh, begini cara menyimpan irisan tempe agar tak menyatu kembali

Viral tempe sudah dipotong balik utuh, begini cara menyimpan irisan tempe agar tak menyatu kembali
Tetap awet dan tak akan menyatu kembali hingga 1 minggu |

Rupanya, dalam hitungan beberapa jam, sejak pagi hingga sore, merupakan waktu yang cukup untuk tempe yang sudah diiris-iris menyatu kembali. Lantas, kenapa sih hal ini bisa terjadi? Dilansir dari pubmed.ncbi.nlm.nih.gov, tempe terbentuk dengan bantuan jamur rhizopus. Nah, selama jamur ini masih ada dan hidup pada tempe, jamur rhizopus pasti akan mudah berkembang meskipun tempe sudah dipotong-potong.

Ditambah lagi, jamur rhizopus pada tempe sangat senang tumbuh di suhu ruang ataupun lembap. Nggak heran kalau irisan tempe milik warganet di akun TikTok @utamilusi_ auto terbentuk jadi utuh saat dibiarkan di suhu ruang, ya?

Viral tempe sudah dipotong balik utuh, begini cara menyimpan irisan tempe agar tak menyatu kembali

foto: TikTok/@utamilusi_

Unggahan milik TikTok @utamilusi_ seputar tempe yang kembali utuh lagi ini lantas viral di media sosial sampai ditonton 16 juta kali. Pasalnya, banyak orang yang juga pernah mengalami hal serupa. Bahkan, tak sedikit yang terhibur dengan kejadian ini. Di samping itu, ada pula yang membagikan saran soal cara menyimpan tempe biar nggak menyatu lagi sebelum dimasak.

"ituu bukan jamur kan?? gw setiap mw goreng tempe satu pak trus kaya gitu gw buang gw kira itu udh jamuran ," ungkap TikTok @Zydhanne yang mendapat balasan "itu emang jamur, tapi jamur yg bisa dimakan," dari pemilik akun TikTok @Ching.

"itu bukan busuk gais. biasanya pas beli blm terlalu jadi kan tempenya, nah kalo disimpan suhu ruang stlh dipotong emg gitu dia. saran masukin kulkas," jelas TikTok @tyswear.co.

"goreng dulu stgh mateng sblm disimpan , biar gag nyatu lg tempe nya," imbuh TikTok @aisy aisy.

@utamilusi_ jdi ceritanya tdi pagi tu suami beli tempe trs sengaja langsung di potongin untuk masak sore nanti, niat nya si di potongin pagi biar sore masak nya ga kelamaan, eh pas sore nya mau masak liat tempe nya dah begini#lusiutami #fyp #lucu #memestiktok original sound - rannunn

Di samping itu, ada pula satu cara lagi untuk menyimpan tempe yang nggak kalah ampuh untuk menjaganya tetap awet. Cara ini dibagikan oleh warganet di akun TikTok @trihartatiiii. Semula, siapkan dulu toples bertutup rapat dan pastikan kondisi toples benar-benar kering.

Lalu, iris atau potong tempe yang ingin disimpan dengan ukuran sesuai kebutuhan. Pastikan pula tempenya dalam keadaan kering tanpa tetesan air atau lembap, karena bakteri rhizopus-nya cepat berkembang jika kondisi tempe tak kering. Selanjutnya, masukkan irisan tempe ke dalam toples.

Viral tempe sudah dipotong balik utuh, begini cara menyimpan irisan tempe agar tak menyatu kembali

foto: TikTok/@trihartatiiii

Nah, sebelum toples ditutup, kamu bisa menambahkan satu bahan dapur untuk membantu proses penyimpanan tempe lebih efektif, yaitu garam. Taburkan garam di sekitar tempe secara merata. Warganet akrab disapa Tri ini menjelaskan, garam sangat bermanfaat untuk menghambat pertumbuhan jamur pada tempe.

Dilansir dari penelitian terbitan ncbi.nlm.nih.gov, garam dapat bekerja untuk mengurangi aktivitas air pada bahan makanan supaya tak lembap. Makanya tempe yang disimpan bersama garam akan tetap awet lebih lama. Setelah diberi garam, tutup toples berisi tempe tersebut dan letakkan di dalam chiller kulkas.

Pemilik akun TikTok @trihartatiiii menjelaskan, dengan cara penyimpanan ini, irisan tempe tetap awet dan tak akan menyatu kembali hingga 1 minggu.

Viral tempe sudah dipotong balik utuh, begini cara menyimpan irisan tempe agar tak menyatu kembali

foto: TikTok/@trihartatiiii

Gimana, sekarang sudah tahu kan cara menyimpan tempe yang aman biar nggak menyatu sebelum dimasak? Mengintip unggahan TikTok @trihartatiiii seputar cara menyimpan tempe, memang belum banyak warganet yang meninggalkan komentar. Meski begitu, video ini sudah mendapat viewers sampai 70 ribu kali, lho.

@trihartatiiii Yang suka tempe absen dulu. Biasanya dimasak apa nih? #tempegoreng #mendoan #tipsdapur Calm Down - Rema & Selena Gomez

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya