Bukan diolesi pasta gigi, ini trik agar tangan tak bengkak usai terkena sengatan tawon

Bukan diolesi pasta gigi, ini trik agar tangan tak bengkak usai terkena sengatan tawon
YouTube/WandaPanda

Brilio.net - Tawon atau lebah memiliki sengatan yang menyakitkan. Serangga satu ini memiliki sengat yang dapat digunakan untuk melumpuhkan mangsa atau melindungi sarangnya dari ancaman. Namun sengatan tawon dapat menyebabkan rasa nyeri, bengkak, kemerahan, dan bahkan reaksi alergi pada beberapa orang.

Salah satu anggota tubuh yang sering tersengat lebah adalah bagian tangan. Tangan yang bengkak setelah terkena sengatan tawon adalah respons alami dari tubuh terhadap racun yang masuk. Pada dasarnya, sengatan tawon mengandung zat-zat seperti histamin dan serotonin yang dapat menyebabkan reaksi inflamasi pada area yang terkena. Usai tersengat tawong, bisa terasa nyeri, kemerahan, dan panas.

Selain tawon, lebah juga termasuk serangga yang menyengat dan bikin tangan jadi bengkak. Untuk mengobatinya, sejumlah orang biasanya akan mengompres tangan dengan air dingin. Namun ada juga yang memilih mengoleskan pasta gigi ke bagian tangan yang terkena sengatan tawon atau lebah.

Sayangnya, dalam beberapa kasus, pasta gigi tidak benar-benar ampuh meredakan nyeri dan justru bikin tangan tetap bengkak. Alhasil, banyak orang mencari cara lain. Salah satunya adalah pengguna YouTube WandaPanda. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku justru menggunakan bahan dapur untuk mengobati tangan yang terkena sengatan tawon.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya