Cukup pakai 2 bahan dapur, ini trik merebus daun singkong agar warnanya tetap hijau dan antialot

Cukup pakai 2 bahan dapur, ini trik merebus daun singkong agar warnanya tetap hijau dan antialot
foto: YouTube/Anna Subadi

Brilio.net - Daun singkong kerap dipilih sebagai salah satu bahan utama dalam menu sayur. Memang pada dasarnya, sayuran satu ini bisa diolah jadi berbagai macam menu, seperti lalapan, gulai, atau aneka tumisan. Teksturnya yang lembut dan rasanya yang khas membuat banyak orang gemar mengonsumsi daun singkong sebagai menu makan.

Namun sebelum siap diolah dengan berbagai macam bumbu, daun singkong ini perlu direbus terlebih dahulu. Hal ini bertujuan supaya daun singkong lebih empuk dan mudah dikonsumsi nantinya. Selain itu, merebus daun singkong juga membuat bumbu yang digunakan meresap sempurna.

Sayangnya, banyak orang terkadang bingung saat hendak merebus daun singkong. Pasalnya, saat direbus, daun singkong akan berubah warna jadi kecokelatan atau bahkan kehitaman. Bukan tanpa sebab, daun singkong mengandung senyawa kimia yang disebut dengan antosianin, yang memberikan warna hijau pada daun.

Saat direbus, senyawa antosianin ini akan bereaksi dengan air dan panas. Hal tersebut dapat menyebabkan perubahan warna daun singkong menjadi kecokelatan atau kehitaman. Perubahan warna ini memang tidak mempengaruhi rasa atau tekstur daun singkong. Namun tentu memengaruhi estetika dan selera makan seseorang. Jika daunnya tetap hijau cerah, olahan daun singkong ini akan semakin menggugah selera.

Tapi tak perlu khawatir, ada trik yang bisa dilakukan untuk mencegah perubahan warna tersebut. Nah, trik ini pernah dibagikan oleh pengguna YouTube Anna Subadi. Melalui salah salah satu video yang diunggah, dia mengaku mengandalkan dua bahan dapur saat merebus daun singkong agar warnanya tetap hijau cerah dan teksturnya nggak alot.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya