INFOGRAFIS CARA MEMILIH BLEWAH
© 2022 brilio.net/Jayadi Priyanto

1. Perhatikan warna kulitnya.

foto: Instagram/@puspa_aluna

Warna kulit blewah yang sudah matang biasanya sudah berubah jadi kekuningan atau keemasan. Kalau kamu ingin memilih blewah yang sudah matang, pilih kulitnya yang sudah kekuningan. Blewah yang masih hijau artinya belum matang.

2. Jangan pilih yang masih ada tangkainya.

foto: Pexels/Cup of Couple

Dilansir dari delishably.com, buah blewah yang sudah matang akan terlepas dari tangkai atau batang dengan sendirinya. Sehingga, kamu bisa pilih buah blewah yang tanpa tangkai. Jika masih ada tangkainya, artinya buah tersebut dipanen sebelum waktunya.

3. Kenali aromanya.

foto: Instagram/@nana_lystiani

Dilansir dari marketbasketfoods.com, blewah yang sudah matang biasanya punya aroma manis yang nikmat. Usahakan jangan pilih blewah dengan aroma yang terlalu menyengat. Blewah yang mengeluarkan aroma menyengat artinya buah sudah sangat matang atau mulai membusuk.

4. Tekan buah blewah.

foto: Pexels/Karolina Grabowska

Untuk memastikan blewah sudah matang, kamu juga bisa menekan buahnya secara perlahan. Jika terlalu keras, artinya buah belum matang. Sebaliknya, jika terlalu lunak, bisa jadi buah blewah sudah busuk. Kamu bisa memilih buah blewah yang nggak terlalu keras maupun lunak.