Supaya tak terjadi hal tersebut, kamu perlu tahu sebuah trik agar cilok tidak lengket setelah dikukus. Untungnya, seorang pengguna YouTube Bagaimana GIRI pernah membagikan trik tersebut melalui salah satu video yang berjudul 'Tehnik agar cilok tidak lengket saat di ambil'. Dalam video tersebut, dia juga mengaku bahwa trik tersebut bisa bikin cilok lebih mudah diambil setelah dikukus.

"Trik mengukus cilok porsi besar agar tidak lengket. Biar tak perlu kita ambil satu satu, jadi kita bisa ambil sekaligus banyak," kata pengguna YouTube BAGUS GIRI dikutip BrilioFood pada Selasa (7/3).

foto: YouTube/BAGUS GIRI

Pertama, masukkan cilok ke dalam kukusan yang sudah mendidih airnya. Setelah itu, taburi sedikit tepung terigu agar tidak mudah lengket saat cilok matang dan basah. Lalu tutup kukusan dan masak selama lima menit saja.

foto: YouTube/BAGUS GIRI

Setelah lima menit, buka penutup kukusan lalu siram cilok dengan air matang (suhu tidak dingin atau panas). Jika sudah disiram, aduk-aduk cilok menggunakan spatula. Sambil diaduk, beri air lagi sesekali. Hal inilah yang akan membuat cilok jadi lebih licin dan tidak lengket satu sama lain.

foto: YouTube/BAGUS GIRI

Nah, cilok yang sudah dikukus ini bisa langsung dipindahkan ke dalam wadah. kamu bisa langsung mengambil cilok dalam jumlah banyak karena sudah tidak ada yang lengket.

foto: YouTube/BAGUS GIRI

Selain dikukus, cilok pada dasarnya bisa dimasak dengan cara direbus. Dalam video tersebut, pengguna YouTube BAGUS GIRI juga membeberkan trik lain untuk mencegah cilok lengket setelah direbus. Hal ini dijelaskan ketika ada seorang warganet yang bertanya di kolom komentar.

"Mas kalau ciloknya di rebus seperti bakso bisa,dan setelah di rebus di masukkan ke air dingin apa tidak menempel lagi,makasih mas," tanya YouTube Mr. Ziraf.

"+Fariz Alkhairi kita bisa kasih minyak goreng sejukupnya saja padasaat sudah direbus dingin tambahkn minyak secukupna," sahut YouTube BAGUS GIRI.

 

Ditonton lebih dari 171 ribu kali, video milik YouTube BAGUS GIRI ini sontak menarik perhatian warganet. Mengintip kolom komentar, ada banyak pengguna YouTube lain yang mengungkapkan terima kasih karena mendapat ilmu baru yang bermanfaat.

"Maksih ilmunya mas,,Semoga mas bagus giri dan keluarga selalu di beri kesehatan dan keselamatan dunia akhirat mas,,aamiin," kata YouTube ahmad fauzy.

"Bermanfaat sekali ilmunya mas bagus , matur nuwun," sahut YouTube Irsal s S.

"Cilokny pasti kenyol kak. Terimakasih resep nya kak," ungkap YouTube dita.

"oo gt ya pak
makasih pak infonya," ujar YouTube Emelly Yoghurt.

"Makasih mas trik nya," papar YouTube ginger tea.