6 Manfaat buncis untuk kesehatan, bisa mencegah kanker

6 Manfaat buncis untuk kesehatan, bisa mencegah kanker

Brilio.net - Cara menjaga kesehatan bisa dimulai dengan olahraga simpel dan menjaga pola makan. Mengonsumsi makanan dan minuman yang baik untuk tubuh. Menghindari berbagai menu yang dirasa dapat mengganggu kesehatan.

Salah satu makanan yang memiliki nutrisi besar dan baik untuk tubuh adalah buncis. Buncis merupakan sayuran yang cukup digemari banyak orang. Selain karena mudah didapat, murah harganya, sayuran hijau ini sering diolah menjadi berbagai masakan yang lezat, seperti lauk sop, tumis buncis, hingga kripik buncis.

Ternyata selain lezat dan bergizi, mengonsumsi buncis dapat bermanfaat untuk kesehatan tubuh? Berikut lansiran brilio.net dari Liputan6.com pada Selasa (13/8).

1. Membantu menurunkan berat badan.

Thehealthsite menulis buncis menjadi salah satu sayuran yang mengandung kalori rendah. Hal ini yang membuat buncis bekerja secara efektif untuk menurunkan berat badan. Sayuran hijau ini juga mengandung sedikit natrium, kolesterol dan lemak jenuh, sehingga menjadi bantuan alami untuk menurunkan berat badan.

Kandungan serat yang tinggi di dalam buncis juga dapat membantu kamu merasa kenyang lebih lama sehingga tidak mudah lapar. Serat tinggi tersebut juga dapat memperlancar proses pencernaan kamu sehingga tubuh tetap sehat dan ideal.

kamu dapat mengonsumsi buncis menjadi berbagai masakan mulai dari tumis ataupun sop. Namun, disarankan untuk mengonsumsinya dengan cara direbus agar lebih sehat karena tidak ada campuran lain.

2. Menyehatkan mata.

Buncis mengandung karotenoid yang berfungsi meningkatkan penglihatan mata. Kacang hijau ini dapat mencegah degenerasi makula terkait usia, biasanya mempengaruhi orang-orang yang berusia lanjut.

Buncis juga mengandung senyawa lutien dan zeaxanthin yang berguna untuk menjaga kesehatan mata serta terhindar dari penyakit rabun atau katarak. kamu dapat mengonsumsi berbagai olahan buncis agar memiliki mata yang jernih dan sehat.

3. Menjaga kesehatan jantung.

Selanjutnya, buncis juga bermanfaat untuk kesehatan jantung. Kacang buncis memiliki kandungan kalsium dan flavonoid yang cukup tinggi, sehingga baik untuk menjaga kesehatan jantung kamu.

Zat flavonoid dan antiinflamasi pada buncis dapat mencegah pembekuan darah pada arteri. Sehingga sangat baik dikonsumsi untuk meminimalkan terkena penyakit yang berkaitan dengan pembekuan darah pada arteri seperti gagal jantung, diabetes, dan stroke.

Buncis juga kaya akan kandungan vitamin K dan luetin yang dibutuhkan untuk tubuh. Asupan vitamin K yang cukup dapat membuat pembuluh darah dan jaringan tubuh lainnya terhindar dari tekanan darah tinggi atau serangan jantung.

4. Meningkatkan kekebalan tubuh.

Kandungan vitamin C yang tinggi pada buncis, dapat bertindak sebagai antioksidan sehingga mampu menjaga tubuh tetap bersih dari radikal bebas. Sayuran hijau ini dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dengan berbagai mineral penting yang ada di dalamnya.

Buncis juga mengandung zat besi, kalsium, dan B-kompleks yang dapat meningkatkan laju metabolisme. kamu dapat mengonsumsi buncis untuk tambahan menu masakan kamu agar tubuh tetap sehat dan bugar terhindar dari berbagai penyakit.

5. Mencegah kanker.

Menjadi sumber serat makanan yang sangat baik, buncis juga dapat bermanfaat untuk mencegah dan menghilangkan penyakit kanker. Kandungan peptida di dalam buncis dapat berperan aktif untuk memperlambat dan menghentikan pertumbuhan sel kanker.

Buncis juga dapat menghentikan penyebaran sel kanker lewat antioksidan yang bekerja melindungi tubuh dari radikal bebas. Selain itu, buncis memiliki nutrisi yang merangsang kinerja anti-karsinogenik untuk mencegah kanker.

Di dalam buncis terdapat banyak nutrisi seperti lutein, vitamin C, dan vitamin K. Oleh sebab itu, kamu sangat disarankan untuk mengonsumsi buncis agar terhindar dari kanker payudara, leukimia, serviks, kanker paru-paru, hingga prostat.

6. Meningkatkan kesehatan tulang.

Buncis sangat bermanfaat untuk kesehatan tulang kamu. Kandungan kalsium di dalam kacang hijau ini mampu mencegah kerusakan tulang osteoporosis. Buncis juga mengandung vitamin K untuk menjaga tulang tetap kuat dan sehat. Selain itu, buncis juga menjadi sumber silikon yang baik untuk meregenerasi tulang secara keseluruhan.

(brl/red)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya