Bisa jadi stok lauk awet 3 bulan, ini trik mengolah rendang hitam agar dagingnya empuk dan tak hancur

Bisa jadi stok lauk awet 3 bulan, ini trik mengolah rendang hitam agar dagingnya empuk dan tak hancur
YouTube/sobat dapur

Brilio.net - Olahan daging khas Padang bernama rendang sudah dikenal penggemar kuliner dunia. Sementara itu, dilansir dari kemdikbud.go.id, Indonesia pun tengah memperjuangkan rendang sejak 2013 lalu agar rendang diakui sebagai warisan budaya dunia di UNESCO.

Ngomong-ngomong soal masakan rendang, lantaran sudah tersebar ke berbagai daerah bahkan dunia, makanan ini pun sudah banyak dikreasikan sesuai selera masing-masing. Ada rendang versi berkuah kental warna cokelat dan rendang cenderung kering berwarna hitam. Kalau rendang yang berwarna kecokelatan biasanya disebut pula dengan kalio.

Nah, rendang yang berwarna cenderung hitam inilah versi autentik khas Padang banget. Usut punya usut, proses memasak rendang hitam ini memang membutuhkan waktu lama agar bumbunya benar-benar meresap. Salah seorang warganet di akun YouTube sobat dapur sempat membagikan pengalamannya mengolah rendang hitam ini, lho.

"Jadi warna hitamnya ini bukan karena gosong, tapi karena dia memang warnanya menghitam seperti ini dan rasanya enak banget, rasanya gurih, manis, dan mesti ini bumbunya sudah meresap sampai ke dalam daging," jelasnya, dikutip BrilioFood dari YouTube sobat dapur pada Jumat (14/4).

Bukan hanya biar empuk, tapi pria ini juga punya trik gimana memasak rendang hitam agar dagingnya tetap utuh atau tak hancur. Di sisi lain, ia juga menjelaskan, rendang ini bisa awet bahkan sampai 3 bulan lamanya, sehingga cocok banget dijadikan stok lauk pendamping nasi di rumah, kan?

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya