Bukan dibekukan di freezer, ini trik menyimpan serai agar awet wangi dan tak kering hingga 1 bulan

Bukan dibekukan di freezer, ini trik menyimpan serai agar awet wangi dan tak kering hingga 1 bulan
TikTok/@lanawindaa

Brilio.net - Serai banyak digunakan sebagai bumbu aromatik pada aneka hidangan. Bahan ini disebut aromatik karena menghasilkan aroma wangi yang begitu menggugah selera. Biasanya, serai hadir pada hidangan seperti ayam goreng, sambal, sup, tumisan, atau bahkan minuman rempah.

Bukan hanya itu, serai juga dipercaya sangat bermanfaat untuk kesehatan, lho. Dilansir dari healthline.com, serai dapat bersifat sebagai antioksidan dan antimikroba buat tubuh, menurunkan risiko kanker, melancarkan pencernaan, menurunkan tekanan darah tinggi, dan masih banyak lagi.

Serai juga mudah ditemui di pasaran dengan harga terjangkau. Biasanya, cukup merogoh kocek sekitar Rp2.000 saja, kamu sudah bisa mendapatkan banyak batang serai untuk dijadikan stok bahan masakan di rumah. Namun, kalau membelinya langsung dalam porsi besar, sebaiknya ketahui dulu cara penyimpanannya, ya.

Pasalnya, kalau serai disimpan secara asal, bisa-bisa bahan dapur satu ini wanginya hilang, kering, atau bahkan membusuk. Banyak orang memilih menyimpannya di freezer. Tetapi, ada sejumlah orang menganggap serai yang disimpan di freezer mudah berubah jadi terlalu kering.

Nah, salah seorang warganet di akun TikTok @rumah_digang punya trik menyimpan serai agar awet wangi, segar, dan tak kering tanpa harus dimasukkan ke freezer, lho. Usut punya usut, trik ini bisa bikin serai tahan hingga 1 bulan. Triknya juga gampang banget untuk ditiru di rumah.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya