Bukan direbus atau diremas garam, ini cara ampuh menghilangkan rasa pahit pare pakai 1 bahan dapur

Bukan direbus atau diremas garam, ini cara ampuh menghilangkan rasa pahit pare pakai 1 bahan dapur
TikTok/@bunpaokitchen ; TikTok/@asahidtehyung

Brilio.net - Pare termasuk salah satu bahan makanan yang biasa diolah jadi sayur. Menu olahan pare ini lantas dikonsumsi bersama nasi hangat dan lauk lainnya. Bagi beberapa orang, sayur pare memiliki rasa pahit yang khas dan bikin selera makan kian meningkat.

Memang pada dasarnya, pare mengandung senyawa alkaloid momordisin. Senyawa ini diproduksi pada buah dan daun tanaman pare. Dimana zat satu ini memiliki kadar dengan intensitas tinggi dan ketika dikonsumsi, efeknya yaitu rasa pahit pada buah pare.

Bagi sejumlah orang, rasa pahit pare memang terasa nikmat. Namun bagi sebagian orang lain, rasa pahitnya justru terasa sangat mengganggu. Hal ini membuat pare termasuk makanan yang dihindari karena terlalu pahit di lidah sebagian orang.

Jika kamu termasuk tipe kedua, yakni tak suka rasa pahit pare, tak perlu khawatir. Sebenarnya rasa pahit ini bisa dihilangkan dengan teknik memasak tertentu. Teknik pertama adalah dengan meremas pare menggunakan garam. Kedua, pare juga bisa direbus bersama bahan-bahan khusus supaya rasa pahitnya bisa hilang.

Tapi tahu nggak, sebenarnya ada trik lain yang lebih praktis dilakukan untuk menghilangkan rasa pahit pare, lho. Seorang pengguna TikTok @bunpaokitchen pernah membagikan trik tersebut melalui video yang dia diunggah. Bukan dengan garam, dia justru memilih bahan dapur lain.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya