Bukan langsung digoreng, ini cara menghangatkan baceman sate yang sudah terlalu hitam

Bukan langsung digoreng, ini cara menghangatkan baceman sate yang sudah terlalu hitam
YouTube/Purwanto 11

Brilio.net - Olahan bacem umumnya terbuat dari gula Jawa dengan campuran aneka bumbu. Baceman pun memiliki cita rasa manis dan legit. Gula Jawa juga bisa membuat warna baceman menjadi cokelat kehitaman.

Bahan makanan yang bisa dibuat bacem pun banyak, lho. Bisa pakai tempe, tahu, ceker, telur puyuh, usus, dan lainnya. Meski di luaran sana sudah banyak yang menjual olahan baceman, tapi kalau kamu bikin bacem sendiri justru bisa sekaligus memilih dan mengatur porsinya sesuai selera.

Menariknya lagi, sederet olahan baceman juga bisa dijadikan stok. Nah, biasanya stok baceman sengaja dimasukkan ke kulkas agar tahan lama. Sayangnya, baceman yang sudah dimasukkan ke kulkas, keadaannya akan cepat dingin dan kelamaan akan berubah menghitam.

Untuk menghangatkannya, jangan langsung menggoreng maupun membakar baceman tersebut, ya. Mengingat tampilan baceman yang sudah berwarna hitam pekat akan semakin tidak menarik jika langsung diolah.

Nah, kamu bisa meniru apa yang dilakukan Purwanto saat menghangatkan baceman yang warnanya sudah terlalu hitam pekat. Di video YouTubenya, ia memiliki baceman usus ayam yang sudah diungkep tapi warnanya sudah hitam pekat.

"Kalau warnanya hitam seperti ini ya temen-temen, mungkin karena terlalu kebanyakan kecap atau gula Jawa," ujarnya, dikutip BrilioFood dari YouTube Purwanto 11 pada Rabu (11/1).

Bukan langsung digoreng, ini cara menghangatkan baceman sate yang sudah terlalu hitam

foto: YouTube/Purwanto 11

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya