Jangan keliru, ini rahasia bikin adonan cireng renyah di luar dan kenyal di dalam

Jangan keliru, ini rahasia bikin adonan cireng renyah di luar dan kenyal di dalam
foto: YouTube/DAPUR ISTRI by Hikmahtika

Brilio.net - Indonesia bisa dibilang sebagai surganya kuliner. Saat berkunjung ke setiap daerah, pasti terdapat hidangan khas yang rasanya unik dan nikmat. Bahan-bahan untuk membuat hidangan khas Nusantara juga beragam. Seperti cireng misalnya, camilan khas Sunda satu ini dibuat pakai tepung kanji atau aci sebagai bahan utamanya.

Cireng merupakan singkatan dari aci digoreng. Nggak heran kalau jajanan khas pedagang kaki lima ini identik dengan teksturnya yang renyah saat digigit. Di samping itu, cireng juga akan semakin nikmat karena biasanya disajikan pula pakai saus, baik petis, sambal, maupun rujak.

Meski bahannya simpel, tapi cireng yang renyah ala pedagang kaki lima rupanya harus dibuat dengan tepat agar hasilnya sempurna, lho. Tak sedikit orang yang mencoba membuat olahan aci satu ini di rumah namun berujung gagal, baik karena adonan cireng terlalu lembek, alot, ataupun meledak saat digoreng.

Nah, kamu bisa praktikkan cara bikin cireng yang sempat dibagikan oleh salah seorang warganet bernama Hikmahtika, nih. Bukan sekadar berbagi resep, ia juga menjelaskan gimana triknya bikin cireng biar hasilnya sempurna, yakni renyah di luar dan kenyaldi dalam.

"Tidak sedikit yang gagal. Nah, di kesempatan kali ini saya akan menjawab pertanyaan kenapa cirengnya bisa gagal," ujar Hikmahtika dikutip BrilioFood dari YouTube DAPUR ISTRI by Hikmahtika, Senin (9/1).

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya