Bukan pakai bawang atau sabun, ini trik membasmi hama pohon jeruk purut cuma mengandalkan 1 alat

Bukan pakai bawang atau sabun, ini trik membasmi hama pohon jeruk purut cuma mengandalkan 1 alat
foto: YouTube/GRIYA NANDA PUTRA

Brilio.net - Buah dan daun pada tanaman jeruk purut kerap diambil untuk keperluan masak. Sejumlah masakan akan jadi lebih segar dan wangi kalau ditambahkan dua bahan tersebut. Kamu pasti sudah nggak asing dengan masakan yang ditambahkan dengan buah ataupun daun jeruk purut, contohnya tomyam, soto, mi kuah, dan lain sebagainya.

Di pasaran, sudah banyak buah ataupun daun jeruk purut yang dijual. Tetapi, tak sedikit orang-orang yang memilih menanam sendiri pohon jeruk purut di pekarangan rumah, sehingga keuangan jadi lebih hemat. Belum lagi, kalau tanaman yang dirawat bisa dipanen dalam jumlah banyak, hasilnya bisa jadi cuan usai dijual ke pasaran.

Usai berhasil menanam pohon jeruk purut yang subur, sebaiknya jangan hanya menunggu hingga buah ataupun daunnya bisa dipanen saja. Pasalnya, seperti jenis tanaman lain, jeruk purut juga membutuhkan perawatan yang baik agar tumbuh subur dan bebas hama. Pohon jeruk purut kerap menarik perhatian hama kutu, ulat, atau bahkan semut, lho.

Banyak orang bingung gimana cara membasmi hama tanaman jeruk purut ini, sehingga pohonnya rusak dan tak bisa dipanen. Tetapi, kamu tak perlu khawatir saat mendapati hama di tanaman jeruk purut karena ada sejumlah trik membasminya. Seringkali, orang-orang memanfaatkan bawang putih ataupun sabun cuci piring untuk disemprotkan ke hama.

Hal-hal seputar membasmi hama tanaman jeruk purut juga sempat dibagikan oleh warganet di akun YouTube GRIYA NANDA PUTRA. Bahkan, ia mengaku punya satu trik yang jauh lebih sederhana untuk membasmi hama yang hinggap di daun tanaman jeruk purut, yakni hanya pakai satu alat. Penasaran gimana triknya?

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya