Cukup 12 menit, begini trik merebus ayam merah agar empuk pakai 2 bumbu dapur

Cukup 12 menit, begini trik merebus ayam merah agar empuk pakai 2 bumbu dapur
foto: YouTube/Zagam Channel

Brilio.net - Ayam kerap dijadikan sebagai bahan utama dalam pembuatan berbagai macam masakan. Protein hewani satu ini memang cocok dimasak dengan aneka bumbu, misalnya balado, tauco, hingga tumisandan berkuah. Hasil olahan dari ayam ini selalu bisa bikin siapapun lahap.

Walaupun bisa dimasak dengan berbagai bumbu, kamu harus memerhatikan jenisnya saat hendak memasak ayam. Bukan tanpa alasan, berbeda jenis ayam bisa berbeda pula tekstur dagingnya, yang akan memengaruhi cara mengolahnya juga. Misalnya, ayam broiler atau ayam potong punya tekstur daging empuk, sedangkan ayam kampung punya tekstur daging lebih alot.

Selain kedua jenis ayam tadi, ada juga jenis ayam lain yang biasa dimasak, yakni ayam merah. Ayam merah merupakan sebutan untuk ayam petelur yang sudah tidak produktif lagi. Karena sudah tidak bisa bertelur, daging ayam merah ini biasanya akan dipotong untuk dikonsumsi.

Seperti ayam kampung, ayam merah ini punya daging yang sangat alot. Bahkan banyak orang yang mengeluhkan cara pengolahan daging ayam merah karena terbilang sulit. Salah satu orang yang mengeluhkan hal tersebut adalah pengguna YouTube bernama Zagam Channel.

"Kalau kita masak terus (ayamnya), pasti membutuhkan waktu yang lama dan tentunya kita akan boros gas," ungkapnya dikutip BrilioFood pada Selasa (13/6).

Untuk mengempukkan ayam merah tersebut, sejumlah orang biasanya akan menggunakan panci presto. Namun alih-alih memakai panci khusus tersebut, Zagam lebih memilih menggunakan panci biasa. Dengan teknik khusus, dia bisa mempercepat proses perebusan hingga 12 menit saja, lho.

Penasaran caranya?

(brl/lak)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya