Cukup tambah satu bahan, begini trik mencuci tauge agar kotoran dan sisa kulit hijaunya mudah terpisah

Cukup tambah satu bahan, begini trik mencuci tauge agar kotoran dan sisa kulit hijaunya mudah terpisah

Brilio.net - Tauge dikenal juga sebagai kecambah dari kacang hijau atau kedelai. Jenis sayuran ini punya tekstur renyah dan rasa yang enak. Tauge sendiri cocok digunakan hampir dalam segala menu makan, misalnya untuk salad, hingga campuran mi dan sup.

Di balik bentuknya yang kecil, tauge punya segudang nutrisi yang baik untuk tubuh, lho. Dilansir dari healthworks.my, tauge bisa jadi sumber asam amino, sejumlah vitamin, dan asam folat. Asam folat ini merupakan vitamin B yang membantu tubuh dalam membuat sel-sel baru.

Tak hanya itu, tauge juga dikenal rendah kalori. Hal ini kemudian membuat tauge sering dijadikan sebagai menu diet sehat. Rasanya yang ringan dan segar juga membuat siapapun bisa ketagihan.

Sayangnya tauge bisa bisa dikonsumsi langsung begitu saja. Bagian kepala dan akar tauge harus dibuang. Bukan tanpa alasa, bagian tersebut cenderung punya rasa tak sedap jika ikut termakan.

Selain itu, sisa kulit kacang hijaunya juga biasanya masih menempel. Hal ini lantas membuat sejumlah orang harus mengupasnya satu per satu dengan tangan. Hal tersebut tentu bertujuan untuk memastikan tauge benar-benar bersih sebelum siap diolah atau dikonsumsi.

Namun menggunakan cara tersebut terbilang cukup merepotkan. Jika porsinya sanga banyak, tentu butuh waktu lama untuk mencuci tauge. Padahal ada cara yang lebih ekfetif dan hemat tenaga, lho.

Salah satu pengguna YouTube dengan channel bernama RUANG FILM pernah membagikan trik tentang mencuci tauge. Trik tersebut memperlihatkan cara mencuci 1/2 kilogram tauge dengan lebih cepat dan efektif. Tenaga yang dikeluarkan juga tidak banyak.

"Dapet tipsnya dari yg jualan dan kalau mau disiang atau dibersihin ekornya itu banyak banget, ini setengah kilo," kata YouTube RUANG FILM.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya