Hanya 15 menit, ini cara merebus iga sapi agar empuk dan hemat gas tanpa presto

Hanya 15 menit, ini cara merebus iga sapi agar empuk dan hemat gas tanpa presto
YouTube/Dapur Mama Alvin

Brilio.net - Daging iga sapi dikenal kenyal. Bukan tanpa alasan, daging yang mengelilingi iga sapi ini biasanya mengandung lemak cukup banyak dan tebal. Dan karena kandungan lemak tersebut, daging iga punya rasa lebih gurih dan sedap.

Namun selain lemak, daging iga sapi juga memiliki banyak serat yang kenyal. Oleh sebab itu, daging iga cenderung rawan alot jika tidak dimasak dengan benar. Hal inilah yang membuat sebagian orang enggan mengolah iga sapi sendiri di rumah.

Memang, butuh penanganan khusus untuk memasak iga supaya bisa empuk. Biasanya, sejumlah orang akan mengandalkan panci presto untuk memasak bahan makanan yang alot, termasuk iga. Jika menggunakan presto, daging iga yang kenyal dan alot bisa empuk dalam waktu singkat.

Sayangnya tidak semua orang memiliki panci presto di rumah. Selain itu, ada juga yang masih bingung dan takut menggunakan panci khusus tersebut. Cara memakai panci presto memang perlu teknik khusus supaya tidak mudah meledak.

Supaya lebih aman, sebagian orang biasanya memilih metode lain. Sama seperti yang dilakukan pengguna YouTube Dapur Mama Alvin. Melalui salah satu unggahannya, dia mengaku merebus iga sapi dengan metode khusus supaya bisa cepat empuk walau tanpa presto.

"Hanya direbus dalam waktu 15 menit, iga sapi ini akan empuk," terang YouTube Dapur Mama Alvin, dikutip BrilioFood pada Selasa (4/7).

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya