Jangan langsung direbus, begini trik mengolah daging ayam tua agar empuk dan tidak amis tanpa presto

Jangan langsung direbus, begini trik mengolah daging ayam tua agar empuk dan tidak amis tanpa presto
YouTube/RJnina

Brilio.net - Daging ayam sudah menjadi salah satu bahan makanan yang diincar banyak orang. Mengandung protein tinggi, daging ayam biasa dikonsumsi untuk memenuhi asupan nutrisi harian. Selain protein, daging ayam juga mengandung vitamin B6 yang dibutuhkan oleh tubuh.

Ada beragam jenis daging ayam yang bisa dikonsumsi, salah satunya adalah ayam tua. Ayam tua adalah jenis ayam petelur yang sudah tidak bertelur lagi (tidak produktif). Usianya bisa mencapai 80 minggu atau sekitar 1 tahun 5 bulan.

Ayam yang mencapai usia tersebut memang terbilang sangat tua. Pasalnya ayam ternak umumnya dikonsumsi saat umurnya 2-3 bulan. Lebih dari itu, ayam terbilang tua dan dagingnya pun lebih alot dibandingkan ayam ternak pada umumnya.

Walau usianya tua, namun jenis ayam ini tetap layak dikonsumsi, lho. Umumnya, daging ayam akan direbus dengan panci presto agar empuk. Atau bisa juga direbus menggunakan panci biasa dengan durasi lebih lama. Perlu waktu berjam-jam supaya daging ayam bisa empuk sempurna.

Namun selain menggunakan cara tersebut, ada teknik lain yang nggak kalah efektif untuk mengempukkan daging ayam tua. Salah satu pengguna YouTube bernama RJnina pernah membagikan teknik mengolah daging ayam tua tersebut melalui unggahannya.

"Cara ini sesuai dengan awak (kamu) yang tak ada press cooker (panci presto)," kata YouTube RJnina, dikutip BrilioFood pada Kamis (4/5).

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya