Jangan pakai tepung, ini trik jitu biar adonan kue tidak lengket

Jangan pakai tepung, ini trik jitu biar adonan kue tidak lengket
foto: TikTok/@kokoragi

Brilio.net - Membuat kue memang sering dijadikan hobi untuk mengisi waktu luang kebanyakan orang. Manfaat membuat kue dianggap sangat baik untuk kesehatan mental, lho. Dilansir dari pushdoctor.co.uk, membuat kue juga bisa menstimulasi otak biar lebih fokus dan kreatif.

Namun, dalam membuat kue banyak tantangan tersendiri, salah satunya saat mengolah adonan. Tak sedikit yang keliru membuat adonan, sehingga hasil kue tidak sesuai dengan harapan. Misalnya kue jadi tidak mengembang, kue terlalu keras, kue sangat kering, dan lain-lain.

Pasalnya, adonan memang sangat sulit untuk diuleni. Salah satu kesulitan yang umum dialami adalah adonan jadi lengket di tangan, talenan, atau mangkuk yang digunakan. Kebanyakan orang masih menggunakan tepung untuk mengurangi lengket pada adonan. Padahal, tepung justru bisa mengubah adonan kue, lho.

Dilansir dari busbysbakery.com, menggunakan tepung saat menguleni adonan berisiko bikin butiran tepung masuk ke adonan. Struktur adonan yang semula bagus bisa berubah karena kehadiran tepung. Salah seorang spesialis di bidang kue bernama Yohanes Adhijaya juga menganjurkan jangan pakai tepung saat mengolah adonan kue, lho.

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya