Pulen dalam 12 menit, wanita muda ini bagikan trik merebus lontong daun pisang agar semakin hemat gas

Pulen dalam 12 menit, wanita muda ini bagikan trik merebus lontong daun pisang agar semakin hemat gas
Instagram/@nurhidayah_fauzan

Brilio.net - Lontong daun pisang merupakan hidangan tradisional yang terbuat dari nasi yang dibungkus daun pisang, kemudian direbus hingga matang. Proses pembungkusannya menggunakan daun pisang memberikan aroma khas yang harum dan menambah rasa unik pada nasi. Lontong daun pisang pun sering disajikan sebagai pelengkap hidangan, seperti ketupat, rendang, opor ayam, dan berbagai masakan lainnya.

Keunikan dari lontong daun pisang tidak hanya terletak pada aroma dan rasa yang dihasilkannya, tetapi juga proses pembuatannya. Nah, pembuatan lontong biasanya memerhatikan kebersihan dan kesegaran bahan-bahan yang digunakan. Daun pisang sebagai pembungkus dipilih yang masih segar dan bersih untuk menjaga keaslian rasa nasi pada lontong.

Namun ada satu kendala yang kerap dialami banyak orang saat membuat lontong, yakni pada tahap perebusan. Merebus lontong daun pisang butuh waktu yang sangat lama, bahkan hingga 2 jam. Durasi perebusan yang lama tentu bisa bikin boros gas dan waktu memasak.

Untuk mempersingkat waktu, kamu bisa meniru trik merebus lontong yang dibagikan oleh wanita muda bernama Nur Hidayah. Melalui akun Instagram @nurhidayah_fauzan, dia mengaku hanya merebus lontong daun pisang dalam 12 menit saja. Meskipun begitu, hasil lontongnya bisa pulen dan kenyal, lho.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya