Tak perlu baking powder, ini trik bikin tempe mendoan keriting dan renyah cukup tambah 2 bahan dapur

Tak perlu baking powder, ini trik bikin tempe mendoan keriting dan renyah cukup tambah 2 bahan dapur
YouTube/TheHasanVideo

Brilio.net - Tempe mendoan merupakan salah satu jenis gorengan yang dibuat setengah matang. Biasanya tempe akan dilapisi adonan tepung lalu digoreng hingga setengah matang. Proses tersebut akan menghasilkan tempe yang cenderung lembut dan agak lembek.

Walau tekstur lembutnya menjadi ciri khas mendoan, namun siapa sangka jika banyak juga yang suka tempe mendoan dengan tekstur renyah. Jadi dengan kekentalan adonan yang berbeda juga, tempe mendoan bisa dikreasikan dengan bentuk keriting dan krispi.

Bagi sebagian orang, tempe mendoan krispi dan keriting justru lebih menggugah selera. Jika kamu termasuk salah satu di antaranya, perlu tahu nih sejumlah trik membuat tempe mendoan jadi krispi. Pasalnya, butuh bahan khusus untuk menghasilkan tekstur tempe krispi. Selain itu, bentuk keritingnya juga hanya bisa dibentuk dengan metode khusus.

Untuk membuat hal tersebut, sebagian orang biasanya akan menambahkan baking powder ke dalam adonan pelapis tempe. Bahan satu ini dipercaya dapat membuat tempe jadi semakin renyah. Namun di sisi lain, baking powder juga dapat membuat tempe berpotensi jadi pahit, lho.

Padahal sebenarnya ada bahan dan trik lain yang bisa diterapkan saat hendak membuat tempe goreng renyah dan keriting. Trik ini pernah dibagikan oleh pengguna YouTube TheHasanVideo melalui salah satu video yang diunggah. Dalam video tersebut, dia mengaku ada dua bahan tambahan yang menjadi kunci kerenyahan adonan tempe mendoan.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya