Tak perlu dibelah atau ditusuk, begini trik aman menggoreng cabai agar tak meletup-letup

Tak perlu dibelah atau ditusuk, begini trik aman menggoreng cabai agar tak meletup-letup
TikTok/@raturica

Brilio.net - Bagi para penikmat pedas, cabai seakan sudah menjadi bahan makanan yang wajib ditambahkan ke dalam setiap masakan. Selain untuk campuran masakan, cabai juga kerap dimasak sendiri jadi sambal yang super pedas.

Nah, sambal ini akan semakin lezat jika disajikan dengan lauk pauk, sayur, dan nasi putih hangat.

Pada dasarnya, sambal memang bisa dibuat dengan beragam teknik. Namun sebagian besar biasanya membuat sambal dengan cara digoreng. Jadi bahan-bahan sambal, termasuk cabai akan digoreng di minyak sampai matang dan wangi. Setelah digoreng, barulah kemudian cabai tadi akan diulek sampai halus.

Sekilas, menggoreng cabai memang cukup mudah. Namun siapa sangka, banyak yang mengeluhkan proses menggoreng cabai cukup merepotkan. Pasalnya, cabai yang dipanaskan dengan minyak bisa meletus dan cipratannya berpotensi melukai kulit. Hal ini memang terjadi karena adanya peningkatan suhu udara di dalam cabai, sehingga kulit luar cabai akan tertekan dan pada akhirnya meletus.

Untuk menghindari hal tersebut, banyak orang kemudian memutar otak demi mencari cara. Salah satu solusi yang kerap dilakukan adalah dengan membelah atau menusuk cabai. Cara ini dipercaya dapat mencegah letupan cabai karena tidak ada suhu panas yang terperangkap di dalamnya.

Namun selain dengan cara tersebut, sebenarnya ada metode lain yang nggak kalah ampuh, lho. Metode ini pernah dibagikan oleh pengguna TikTok @raturica. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku cara yang dilakukan lebih praktis karena tidak perlu membelah atau bahkan menusuk-nusuk cabai satu per satu.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya