Tak perlu diberi gula atau garam, ibu muda ini punya trik merebus rebung agar tetap putih dan antibau

Tak perlu diberi gula atau garam, ibu muda ini punya trik merebus rebung agar tetap putih dan antibau
YouTube/Ulien kura ceria

Brilio.net - Rebung merupakan sebutan untuk tunas muda yang tumbuh dari akar bambu. Masyarakat Indonesia umumnya menggunakan rebung sebagai bahan makanan. Bahan makanan satu ini memang bisa dimasak jadi berbagai macam jenis menu, mulai dari aneka tumisan, gulai, hingga isian lumpia.

Bagi sebagian orang, rebung memang memiliki rasa sedikit manis dan tekstur yang agak renyah. Namun hal tersebut bisa didapat jika rebung sudah melalui proses pengolahan yang tepat. Pasalnya pengolahan yang asal membuat bau dan rasa asli rebung masih melekat kuat.

Sebelum diolah, rasa asli rebung itu pahit. Selain itu, baunya juga cenderung pesing. Kandungan zat seperti glikosida sinigrin dan asam oksalat pada rebung menghasilkan rasa serta bau yang kurang sedap. Parahnya lagi, zat ini tidak dapat hilang begitu saja jika proses pengolahannya tak benar.

Lantas untuk mengolah rebung, sejumlah orang biasanya akan merebusnya terlebih dahulu. Namun perlu diketahui bahwa merebus rebung dapat membuat warnanya jadi kehitaman, lho. Oleh sebab itu, banyak orang kemudian menambahkan bahan khusus, seperti gula atau garam ke dalam air rebusan rebung.

Nah, selain menggunakan gula dan garam, sebenarnya ada trik lain yang bisa dilakukan saat merebus rebung agar tetap putih dan antibau, lho. Trik ini pernah dibagikan oleh seorang ibu muda pemilik akun YouTube Ulien kura ceria. Melalui salah satu video yang diunggah, ibu muda ini mengaku menggunakan bahan dapur lain yang lebih ampuh untuk menghilangkan bau dan membuat warna rebung tetap putih.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya