Bukan diungkep di panci presto, ini cara merebus kikil agar empuk dan bebas amis dalam 30 menit

Bukan diungkep di panci presto, ini cara merebus kikil agar empuk dan bebas amis dalam 30 menit
YouTube/mom ani

Brilio.net - Kikil atau kaki sapi sering dijadikan menu lauk khas rumahan. Buat kamu yang bosan makan daging hewani melulu, kikil bisa jadi alternatif lezat. Bertekstur kenyal dan terasa gurih, kikil pastinya bisa bikin nafsu makan meningkat. Di sisi lain, kikil sapi juga mengandung sejumlah manfaat, lho.

Dilansir dari webmd.com, kikil sapi punya protein, lemak, aneka vitamin dan mineral, sampai kolagen. Berbagai nutrisi di dalam kikil ini bisa bantu meningkatkan imun tubuh, menguatkan tulang dan otot, menyehatkan kulit, dan lain sebagainya. Wah, nggak heran banyak orang doyan dengan menu ini, ya?

Kikil bisa dimasak jadi aneka sup ataupun tumisan, misalnya gulai kikil, kikil oseng balado, kikil cabai hijau, kikil mercon, dan lainnya. Namun, sebelum dimasak jadi berbagai lauk lezat tersebut, kikil seringkali harus direbus dulu biar tak alot lagi. Tetapi, umumnya waktu yang dibutuhkan untuk merebus kikil cukup lama.

Jika direbus pakai panci biasa, tak jarang orang-orang menghabiskan waktu hingga 1 sampai 3 jam, lho. Nah, biar lebih cepat, kikil bisa direbus menggunakan panci presto. Namun, kalau kamu nggak ada panci presto di rumah, jangan khawatir dulu karena ada satu trik dari warganet di akun YouTube mom ani bisa ditiru di rumah.

"30 menit empuk, guys. Nggak perlu berjam-jam atau presto," tuturnya, dikutip BrilioFood dari YouTube mom ani pada Sabtu (3/2).

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya