Tak perlu dikukus dan ditambah garam, ini trik mudah menyimpan tempe agar tidak busuk sampai 1 minggu

Tak perlu dikukus dan ditambah garam, ini trik mudah menyimpan tempe agar tidak busuk sampai 1 minggu
TikTok/@yenniyameila

Brilio.net - Tempejadi salah satu makanan populer banyak orang. Bahkan makanan berbahan dasar kedelai ini jadi bagian dari identitas kuliner khas Nusantara, lho. Karena rasanya enak, tempe juga sudah dikenal seluruh penjuru dunia.

Kalau ngomongin soal tempe, rasanya nggak sedikit masyarakat yang setiap hari membelinya di pasar. Nggak heran, tempe sering diolah jadi menu harian. Nggak cuma digoreng saja, tempe juga bisa diolah jadi tumisan, dibakar, dijadikan pepes, hingga dimasak jadi steak.

Jika tak habis diolah sekali waktu, sisa tempe bisa dijadikan stok untuk dimasak di lain hari. Stok tempe ini biasanya sengaja disimpan di kulkas agar tidak busuk dan tahan lama. Meski jadi tahan lama, sayangnya cara tersebut membuat tempe justru kering dan warna permukaannya menghitam.

Banyak sekali pilihan kulkas di e-commerce. Terlebih alat ini akan menjaga kesegaran dan keamanan bahan makanan rumah kamu. Bagi kamu yang berencana mengganti kulkas baru, kini banyak yang menawarkan kulkas yang bagus dan tahan lama. Berikut rekomendasinya di bawah ini dengan harga miring.

Sebagai solusinya, sebelum disimpan, tempe bisa dikukus terlebih dahulu. Nggak perlu sampai matang, cukup kukus tempe selama beberapa menit saja. Setelah teksturnya sedikit lembek, langsung masukkan tempe ke dalam wadah dan simpan di kulkas.

Nggak cuma itu, ada juga yang sengaja menaburkan garam ke atas tempe. Penggunaan garam berfungsi sebagai pengawet alami. Garam juga dipercaya dapat menghambat kerja ragi pada tempe. Alhasil, tempe jadi tahan lama.

Usut punya usut, masih ada cara yang lebih praktis untuk menyimpan tempe, nih. Cara ini dibagikan oleh warganet bernama Yenniya Meilasari. Di salah satu video yang diunggah di akun TikTok pribadinya, perempuan satu ini memberikan tutorial bagaimana menyimpan tempe tanpa dikukus dan pakai garam. Walau begitu, tempe yang disimpan bisa bertahan lama, lho.

“Ini aman dan awet sampai 1 mingguan,” ujarnya, dikutip BrilioFood dari TikTok @yenniyameila pada Minggu (27/8).


(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya