Tak perlu pakai telur, ini cara bikin kulit martabak yang elastis dan nggak mudah sobek

Tak perlu pakai telur, ini cara bikin kulit martabak yang elastis dan nggak mudah sobek
foto: YouTube/W.N COOKING

Brilio.net - Siapa sih yang nggak suka martabak? Makanan satu ini sudah menjadi camilan favorit banyak orang. Tak ayal, ada banyak pedagang martabak yang bisa ditemui dengan mudah di berbagai daerah. Menjual martabak ini bisa jadi ide bisnis yang menguntungkan.

Martabak sendiri biasanya dibagi menjadi dua jenis, yakni martabak telur dan manis. Salah satu yang paling sering dipilih adalah martabak telur karena punya rasa yang gurih dan mengenyangkan. Selain itu, teksturnya juga empuk di bagian dalam dan renyah di bagian luar.

Tekstur renyah ini pada umumnya berasal dari kulit martabak yang cenderung tipis. Kulit martabak biasanya dibuat dari campuran tepung dan air. Selain itu, ada juga tambahan telur agar hasilnya lebih elastis. Nah, adonan ini lantas akan ditarik sampai lebar, yang kemudian dijadikan sebagai alas isian martabak.

Sekilas, membuat kulit martabak ini memang mudah. Kamu cukup mencampur semua bahan tadi, lalu menguleninya sampai lembut dan halus. Walau proses awalnya cukup praktis, tapi masih banyak orang yang mendapati hasil kulit martabak yang tidak sesuai ekspektasi, lho. Biasanya kulit martabak akan langsung sobek karena terlalu kaku.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya