Tanpa alkohol, ini trik bikin api naik ke wajan ala chef profesional

Tanpa alkohol, ini trik bikin api naik ke wajan ala chef profesional
foto: TikTok/@firhan_ashari

Brilio.net - Sering melihat chef masak dan muncul api di atas wajan? Istilah munculnya api saat masak tersebut dikenal dengan nama flambe yang berasal dari bahasa Prancis. Umumnya, untuk memunculkan api di wajan tersebut masakan harus ditambahkan dengan cairan mengandung alkohol.

Biasanya, teknik memunculkan flambe ini dipakai buat hidangan yang ditumis, seperti nasi goreng, tumis jamur, tumis daging, dan lain sebagainya. Memasak pakai teknik ini bisa bikin aroma masakan jadi lebih nikmat dan smokey (berasap).

Namun ternyata, teknik flambe juga bisa dilakukan tanpa alkohol, lho. Cara bikin api naik ke wajan tanpa alkohol ini dibagikan Firhan, runner up MasterChef Indonesia season 6 lewat unggahannya di akun TikTok resminya. Dalam video yang ia unggah, Firhan mengungkapkan, kalau alkohol untuk membuat flambe bisa digantikan dengan bahan lain.

"BEGINI CARA BIKIN FLAMBE ( api yang naik ke wajan) NO ALCOHOL!" tulisnya pada keterangan caption unggahannya, dilansir BrilioFood dari TikTok/@firhan_ashari, Jumat (7/10).

(brl/mal)

Video

Selengkapnya

Siomay Bandung

  • Mochi Gulung

    Mochi Gulung

  • Sawi Putih Crispy Asam Manis

    Sawi Putih Crispy Asam Manis

  • Spaghetti Brulee Sambal Ijo

    Spaghetti Brulee Sambal Ijo

Review

Selengkapnya