Tanpa asam gelugur, ini cara menyimpan tauge agar tetap segar dan tak menghitam hingga seminggu

Tanpa asam gelugur, ini cara menyimpan tauge agar tetap segar dan tak menghitam hingga seminggu
TikTok/@haslina_ag

Brilio.net - Tauge atau kecambah merupakan sayuran yang berasal dari biji kacang hijau atau kacang kedelai. Sayuran satu ini biasanya dijadikan sebagai bahan dasar berbagai macam masakan. Tapi selain dimasak, tauge juga kerap dikonsumsi dalam kondisi mentah karena teksturnya renyah dan segar.

Pada dasarnya, tauge memiliki banyak manfaat kesehatan saat dikonsumsi. Dilansir dari webmd.com, tauge dikenal tinggi kalsium, mineral, vitamin C, dan antioksidan. Sejumlah nutrisi tauge tersebut dapat meningkatkan kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Karena sering dikonsumsi, tauge pun kerap dipilih sebagai stok sayur di rumah. Sayangnya, tidak sedikit orang mengeluhkan bahwa jenis sayur ini cenderung mudah sekali busuk. Dalam 3 hari saja, tauge bisa layu, hitam, dan mengeluarkan bau apek jika tidak disimpan dengan baik.

Banyak orang kemudian mencari cara untuk mengatasi hal tersebut. Salah satunya adalah dengan menyimpan tauge bersama bahan lain, yakni asam gelugur. Penggunaan asam gelugur atau asam keping dipercaya bisa membuat tauge tetap segar dan tak hitam hingga beberapa hari.

Tapi jika di rumah sedang tidak ada stok asam gelugur, kamu bisa menggunakan bahan lain seperti yang dilakukan pengguna TikTok @haslina_ag.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya