Tanpa asam jawa atau tanah lempung, ini trik hilangkan rasa pahit pare cukup pakai 2 bumbu sederhana

Tanpa asam jawa atau tanah lempung, ini trik hilangkan rasa pahit pare cukup pakai 2 bumbu sederhana
foto: TikTok/@hadi_zulfa

Brilio.net - Pare biasanya diolah jadi aneka kreasi menu seperti tumis sayur pare, sambal pare, ataupun sekadar dijadikan lalapan rebus. Namun, bagi sejumlah orang, sayur ini kurang nikmat di lidah karena rasa pahitnya yang dominan. Meski begitu, masih banyak orang senang mengonsumsinya karena pare juga mengandung banyak khasiat untuk tubuh.

Dilansir dari narayanahealth.org, pare kaya akan antioksidan, serat, vitamin, sampai aneka mineral. Sejumlah nutrisi di dalam pare dipercaya bisa menguatkan imun tubuh, menjaga jantung selalu sehat, melancarkan pencernaan, menyehatkan kulit, dan masih banyak lagi. Saking sehatnya pare, tak sedikit orang yang memilih mengonsumsinya dalam bentuk jus, lho.

Tetapi, buat kamu yang tak kuat dengan rasa pahit pare, jangan khawatir karena ada trik pengolahan pare biar rasa pahitnya hilang. Ada beberapa trik populer di media sosial untuk menghilangkan pahit pare, misalnya merebusnya bersama asam jawa ataupun tanah lempung. Nah, kalau kamu tak punya kedua bahan tersebut, ada satu trik lagi yang tak kalah efektif, lho.

Trik ini sempat dibagikan oleh warganet di akun TikTok @hadi_zulfa. Ia menjelaskan, trik ini sangat sederhana karena hanya memanfaatkan dua jenis bumbu dapur yang sering digunakan untuk memasak sehari-hari. Di sisi lain, prosesnya juga praktis lantaran pare tak perlu direbus sama sekali.

"Dapat bocoran dari ibu warteg, cukup dengan 2 bumbu dapur ini bikin pare tidak pahit," imbuhnya, dikutip BrilioFood dari TikTok @hadi_zulfa pada Senin (4/12).

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya