Tanpa baking soda dan putih telur, ini trik bikin ayam goreng krispi yang keriting dan renyah seharian

Tanpa baking soda dan putih telur, ini trik bikin ayam goreng krispi yang keriting dan renyah seharian
YouTube/Dapur Heni

Brilio.net - Ayam menjadi favorit banyak orang. Ada saja ide mengolah ayam jadi sajian lezat. Mulai dari ayam goreng, ayam bakar, pepes ayam, ayam krispi, dan masih banyak lagi.

Kalau ngomongin ayam krispi, sebagian orang memilih untuk membelinya di restoran cepat saji. Bukan tanpa alasan, ayam krispi yang dijual di restoran tersebut memang bertekstur super krispi. Namun, sebenarnya kamu bisa membuat ayam krispi sendiri di rumah, lho.

Agar teksturnya keriting dan renyah tahan lama, kamu bisa menambahkan baking soda dan putih telur ke dalam adonan tepung ayam krispi. Semakin tebal adonan tepungnya, maka tekstur ayam krispi pun kian renyah. Sayangnya, jika takarannya kurang tepat, penambahan kedua bahan ini malah merubah rasa ayam krispi. Alih-alih gurih, rasanya justru pahit.

Nah, kamu bisa nih meniru cara membuat ayam krispi ala warganet, pengguna YouTube Dapur Heni. Dalam video unggahannya, ia sama sekali tidak menambahkan baking soda ataupun putih telur sebagai adonan tepung ayam krispi. Meski begitu, ayam krispi yang dihasilkan tetap sesuai ekspektasi, lho.

“Ini caranya bikin ayam krispi yang kriuk, keriting dan super krispi seperti ini, dan ini awet 24 jam. Jadi nggak melempem walau disimpan seharian,” ungkapnya dikutip BrilioFood dari YouTube Dapur Heni pada Minggu (12/11).

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya