Tanpa perlu dibelah atau ditusuk, ini trik goreng cabai agar tidak meletus cuma tambah 1 bahan dapur

Tanpa perlu dibelah atau ditusuk, ini trik goreng cabai agar tidak meletus cuma tambah 1 bahan dapur
TikTok/@tigo.sadulur.food

Brilio.net - Bagi penggemar makanan pedas, pasti sudah tidak asing lagi dengan cabai. Semakin banyak jumlah cabai yang digunakan, rasa pedas pun lebih nampol. Cabai bisa dicampurkan ke dalam masakan atau diolah menjadi sambal.

Nah, sambal bisa dibuat dengan beragam teknik. Namun, tak sedikit orang memilih membuat sambal dengan cara digoreng. Yup, bahan-bahan sambal seperti cabai, bawang putih, bawang merah, dan tomat perlu digoreng terlebih dahulu sebelum diulek.

Sayangnya, cabai biasanya meletus saat digoreng di minyak panas. Usut punya usut, hal ini dikarenakan udara di dalamnya menekan kulit cabai. Nggak cuma itu, air bekas mencuci cabai juga bisa menimbulkan cipratan minyak, lho.

Supaya saat menggoreng cabai tak meletup, kebanyakan orang sengaja membelah atau menusuk kulitnya terlebih dulu. Dengan cara ini, udara di dalam cabai bisa keluar secara sempurna saat digoreng. Jadinya nggak ada lagi cipratan minyak saat cabai digoreng.

Meski begitu, terkadang menyentuh hingga membelah cabai membuat tangan terasa panas. Meski sudah dicuci berulang kali, rasa panas ini biasanya belum juga hilang.

Nah, seorang warganet dengan akun TikTok @putripuspitassari ternyata punya trik supaya cabai nggak meletus saat digoreng. Alih-alih membelah dan menusuk cabai, ia cuma mengandalkan satu bahan dapur.

Penasaran bagaimana caranya?

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya