Tanpa perlu dijemur dulu, begini cara goreng kerupuk agar mekar dan matang sempurna

Tanpa perlu dijemur dulu, begini cara goreng kerupuk agar mekar dan matang sempurna
Facebook/Bu'e Refika Sulursari

Brilio.net - Bagi sebagian orang, menyantap makanan berat tanpa kerupuk rasanya kurang nikmat. Hal itu karena kerupuk dianggap sebagai pelengkap makanan. Bahkan saking enaknya, kerupuk juga disantap sebagai camilan.

Ada banyak sekali jenis kerupuk yang bisa kamu pilih. Ada kerupuk bawang, kerupuk singkong, kerupuk ebi, dan masih banyak lagi lainnya. Setiap jenis kerupuk punya rasa khas yang berbeda-beda. Namun, semuanya gurih dan bertekstur renyah.

Nggak perlu repot-repot membuat kerupuk sendiri, karena kerupuk mentah sudah banyak dijual. Kerupuk mentah tinggal digoreng menggunakan minyak sampai matang dan mengembang.

Di sisi lain, meski terlihat gampang, ternyata sebagian orang masih gagal menggoreng kerupuk. Tak jarang, hasil kerupuk justru tidak mekar dan ada beberapa bagiannya masih mentah. Alhasil kerupuk pun nggak enak dikonsumsi.

Supaya kerupuk tetap gurih dan mekar, sejumlah orang sengaja menjemurnya terlebih dahulu di bawah sinar matahari. Dengan proses ini, kandungan air di kerupuk akan berkurang hingga habis tak tersisa. Tapi walaupun hasilnya maksimal, proses ini terkesan lebih ribet, kan?

Namun, ternyata ada cara lain yang lebih praktis untuk menggoreng kerupuk tanpa perlu dijemur dulu. Cara ini sempat ditunjukkan oleh pengguna Facebook Bu'e Refika Salursari. Di salah satu videonya, warganet satu ini membagikan trik bagaimana cara menggoreng kerupuk yang benar. Menurutnya, cara ini bisa menghasilkan kerupuk yang matang sempurna dan bentuknya mekar.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya