Tanpa presto, ini cara cepat merebus sagu mutiara agar hasilnya bening dan tak lengket dalam 11 menit

Tanpa presto, ini cara cepat merebus sagu mutiara agar hasilnya bening dan tak lengket dalam 11 menit
Instagram/@peweys

Brilio.net - Sagu mutiara atau juga dikenal sebagai tapioka mutiara adalah jenis bahan makanan yang terbuat dari tepung sagu. Berbentuk butiran kecil, sagu mutiara biasa digunakan sebagai bahan campuran pembuatan minuman atau makanan penutup. Selain bentuknya yang bulat, sagu mutiara juga memiliki tekstur kenyal dan bisa memberikan sensasi unik dalam setiap gigitannya.

Tampilannya cantik dan rasa yang lezat, sagu mutiara menjadi favorit untuk dijadikan makanan atau minuman yang menyegarkan serta mengenyangkan. Dikenal sebagai makanan yang cocok untuk berbagai hidangan, sagu mutiara juga memiliki nilai gizi baik karena mengandung karbohidrat kompleks dan rendah lemak.

Namun di balik kelebihannya tersebut, banyak orang masih bingung ketika merebus sagu mutiara. Jika asal, hasil sagu mutiara yang direbus bisa kurang matang atau bahkan terlalu matang dan mudah pecah. Tak hanya itu, sagu mutiara juga gampang lengket, sehingga membuatnya semakin sulit diolah.

Karena teksturnya sangat keras saat mentah, sagu mutiara pun harus direbus dalam presto. Panci bertekanan tinggi ini dapat membuat sagu mutiara matang dengan cepat. Namun jika tidak ada presto, kamu tetap bisa menggunakan panci biasa, lho.

Seorang pengguna Instagram @peweys pernah menunjukkan lebih lanjut tentang trik merebus sagu mutiara tanpa presto. Jika biasanya sagu mutiara bisa matang dalam waktu 45 menit, trik ini bisa mempersingkat durasinya hingga 11 menit saja, lho. Meskipun hanya menggunakan panci biasa, namun hasil sagu mutiara yang direbus bisa bening, matang sempurna, dan tak lengket.

Dilansir BrilioFood dari akun Instagram @peweys pada Selasa (19/3), warganet tersebut mengaku menggunakan metode 5.30.6. Jadi sagu mutiara direbus dua kali selama 5 menit dan 6 menit. Dan di sela-sela perebusan tersebut, sagu mutiara akan direndam air panas selama 30 menit.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya