Tanpa ragi, begini trik membuat adonan cakwe yang empuk dan mengembang sempurna

Tanpa ragi, begini trik membuat adonan cakwe yang empuk dan mengembang sempurna
YouTube/Dapur Marlia

Brilio.net - Penggemar roti goreng atau odading tentu sudah tak asing lagi dengan cakwe. Jajanan ini dibuat dengan adonan yang serupa dengan roti goreng. Namun bedanya, cakwe memiliki rasa asin dan biasa disantap dengan saus. Bentuknya juga lonjong, berbeda dengan roti goreng yang bulat dan manis.

Selain lonjong, cakwe juga identik dengan tekstur adonannya yang berongga. Adonannya memang dibuat sangat mengembang, sehingga saat digoreng, cakwe cenderung berongga di bagian dalamnya. Hal inilah yang membuat cakwe kerap jadi favorit banyak orang.

Untuk menghasilkan adonan yang berongga, adonan cakwe harus dibuat dengan campuran ragi. Bahan satu ini memang sangat berguna untuk mengembangkan berbagai macam adonan, termasuk adonan cakwe. Semakin mengembang adonannya, hasil cakwe juga akan semakin berongga ketika digoreng.

Tapi tahu nggak sih, sebenarnya cakwe tetap bisa dibuat tanpa tambahan ragi, lho. Seorang pengguna YouTube bernama Dapur Marlia pernah membuktikan hal tersebut. Melalui salah satu video yang diunggah, dia berhasil membuat adonan cakwe yang mengembang dan berongga walau tidak menggunakan ragi.

"Ini gemoy banget bentuknya, ngembangnya kebangetan. Luarnya kriuk, dalamnya lembut. Apalagi dicocol saus asam manisnya, makin sedap," ungkap YouTube Dapur Marlia.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya