Tanpa tambahan baking soda atau mentega, ini cara bikin bakwan sayur renyah, keriting, dan antilembek

Tanpa tambahan baking soda atau mentega, ini cara bikin bakwan sayur renyah, keriting, dan antilembek
foto: YouTube/Indoculinaire Hunter

Brilio.net - Di antara banyaknya jenis gorengan, bakwan termasuk salah satu yang paling disukai banyak orang. Bukan tanpa sebab, gorengan satu ini cenderung mudah dibuat dengan bahan sederhana. Selain itu, rasanya juga lezat dan bikin nagih.

Pada dasarnya bakwan bisa dibuat dengan berbagai macam bahan. Salah satunya adalah sayuran. Bakwan sayur biasanya dibuat dari wortel, tauge, kubis, jagung, dan aneka sayur lain. Kombinasi sayur ini menghasilkan cita rasa nikmat yang bikin bakwan cocok disantap sebagai lauk makan atau sekadar camilan.

Selain dari bahan utama, kunci kelezatan bakwan juga terletak pada teksturnya yang renyah dan keriting. Sayangnya, membuat bakwan sayur yang bertekstur renyah ini terkadang jadi tantangan tersendiri bagi banyak orang. Tidak sedikit yang kemudian justru gagal dan hasil bakwan jadi lembek atau berminyak.

Demi mengantisipasi hal tersebut, sejumlah orang lantas menambahkan bahan khusus. Misalnya dengan menggunakan baking soda dan mentega ke dalam adonan bakwan. Campuran bahan ini dinilai dapat merenyahkan bakwan dan membuatnya jadi nggak lembek.

Tapi perlu diketahui bahwa penggunaan baking soda atau mentega yang tidak pas juga dapat membuat bakwan jadi kurang lezat. Entah rasanya yang jadi pahit atau teksturnya yang justru terlalu keras. Oleh sebab itu, tidak sedikit juga yang justru memilih untuk tidak menambahkan kedua bahan ini.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya