Tanpa terigu, ini cara menggoreng ikan agar minyak tak meletup dan antilengket pakai 1 bumbu dapur

Tanpa terigu, ini cara menggoreng ikan agar minyak tak meletup dan antilengket pakai 1 bumbu dapur
foto: TikTok/@umimaull

Brilio.net - Ikan sering dimasak jadi menu lauk sehari-hari. Bukan tanpa alasan, bahan makanan satu ini memang bisa diolah jadi berbagai macam menu. Di antara berbagai macam olahan, ikan goreng termasuk salah satu menu yang paling banyak digemari.

Cara membuat ikan goreng memang terbilang mudah. Dengan pengolahan yang praktis, kamu bisa menyantap ikan goreng dengan sambal ataupun lalapan sebagai pelengkapnya.

Meski begitu, kandungan air yang tinggi dalam ikan membuat minyak goreng meletup saat proses penggorengan. Nggak cuma itu, kulit ikan yang cenderung tipis juga mudah menempel di permukaan wajan. Alhasil, ikan goreng yang dihasilkan bentuknya bisa hancur dan nggak menarik lagi disajikan.

Untuk mencegah hal tersebut, sejumlah orang biasanya akan menggunakan takaran minyak goreng yang banyak saat menggoreng ikan. Ada sebagian orang yang juga sengaja menambahkan tepung terigu ke dalam minyak goreng. Bahan satu ini dianggap bisa menyerap kandungan air dalam ikan, sehingga minyak goreng nggak akan meletup.

Sayangnya, cara tersebut membuat bekas minyak yang dipakai menggoreng ikan jadi kotor. Alhasil, minyak bekas menggoreng ikan cuma dibuang begitu saja. Sangat disayangkan, kan?

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya