Trik goreng bawang merah agar tak mudah gosong dan garing tahan lama meski tanpa tepung

Trik goreng bawang merah agar tak mudah gosong dan garing tahan lama meski tanpa tepung
Instagram/@aaron_laksana

Brilio.net - Dalam berbagai masakan Indonesia, bawang goreng kerap digunakan sebagai campuran. Baik pada soto, sate, atau gulai, biasanya bawang goreng ditambahkan untuk meningkatkan cita rasa dan aroma pada masakan tersebut. Namun tak hanya itu, bawang goreng juga kerap digunakan sebagai bumbu dasar pembuatan kuah bakso agar semakin enak dan nendang di lidah.

Pada umumnya, bawang goreng yang digunakan untuk berbagai masakan tersebut berasal dari jenis bawang merah. Jadi, bawang merah yang sudah dikupas akan diiris tipis dan digoreng hingga garing dalam minyak banyak. Selain aromanya yang sedap, tekstur bawang goreng yang garing juga jadi kunci kelezatannya.

Sayangnya, tidak semua orang bisa membuat bawang goreng sendiri yang hasilnya renyah tahan lama. Memang, jika tidak digoreng dengan baik, bawang goreng malah lembek karena berminyak atau bahkan gosong. Padahal jika bawang goreng teksturnya lembek maupun gosong, rasanya pahit dan kurang enak.

Nah, supaya kamu mendapatkan bawang goreng yang sesuai ekspetasi, perlu trik khusus, nih. Salah satunya adalah dengan menaburkan tepung ke permukaan bawang goreng. Namun selain itu, ada juga trik lain yang nggak kalah ampuh ketika menggoreng bawang merah agar tak mudah gosong dan renyah tahan lama.

Lebih lanjut, trik goreng bawang merah ini pernah dibagikan oleh pengguna Instagram @aaron_laksana. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku hanya menggunakan tambahan sejumlah bahan dapur untuk merenyahkan bawang goreng. Selain itu, teknik menggorengnya juga harus tepat agar bawang merah tidak gosong.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya