Tanpa direndam air panas, ini trik menggoreng bawang putih agar renyah tahan lama dan tidak gosong

Tanpa direndam air panas, ini trik menggoreng bawang putih agar renyah tahan lama dan tidak gosong
TikTok/@fajarlele

Brilio.net - Bawang goreng kerap digunakan sebagai topping atau bahan dasar masakan. Misalnya untuk bumbu kuah bakso, taburan soto, nasi uduk, sop, hingga nasi kuning. Rasa gurih dan sedapnya yang khas membuat bawang goreng juga cocok dicampur ke dalam camilan.

Biasanya bawang goreng dibuat dari bawang yang diiris tipis, lalu digoreng dalam minyak panas. Jenis bawang yang digunakan pun bisa beragam. Namun salah satu jenis yang paling sering dipakai adalah bawang putih.

Bawang putih goreng memiliki aroma harum dan cita rasa gurih. Namun ada juga rasanya sedikit pahit. Memang jika digoreng asal-asalan, rasa pahit bawang putih ini akan semakin pekat. Tak hanya itu, bawang putih yang digoreng juga cenderung rentan gosong jika tidak dilakukan dengan hati-hati.

Untuk mengatasi hal tersebut, banyak orang lantas menggunakan trik-trik khusus. Salah satunya ada yang memilih merendam bawang putih dalam air panas terlebih dahulu. Hal ini dipercaya bisa membuat bawang jadi nggak mudah gosong dan teksturnya pun cenderung lebih renyah saat digoreng.

Tapi perlu diketahui bahwa merendam bawang putih dalam air panas juga bisa membuatnya lembek, sehingga mudah hancur saat digoreng. Lantas supaya lebih aman, kamu bisa meniru trik yang dibagikan oleh pengguna TikTok @fajarlele. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku menggunakan trik yang lebih sederhana saat menggoreng bawang putih ini.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya