Trik menggoreng onde-onde antimeletus dan wijennya tak rontok

Trik menggoreng onde-onde antimeletus dan wijennya tak rontok
Pastikan penggunaan apinya juga stabil. |

Rupanya, hal-hal tersebut sangat memengaruhi hasil akhir onde-onde setelah digoreng. Lebih jelasnya, kamu bisa menyimak trik menggoreng onde-onde yang dibagikan oleh channel YouTube 'sobat dapur'. Tidak hanya membagikan trik agar onde-onde tidak meletus saat digoreng, tapi juga membuat wijennya tidak rontok, lho.

Trik menggoreng onde-onde antimeletus dan wijennya tak rontok

foto: YouTube/sobat dapur

Saat menggoreng onde-onde, sebaiknya jumlahnya jangan terlalu banyak atau terlalu sedikit. Sesuaikan dengan panci penggorengan yang digunakan. Jika pancinya besar, onde-onde yang digoreng bisa dalam jumlah banyak. Namun pastikan, onde-onde terendam minyak agar matang merata.

Jika kebanyakan orang menggoreng bahan makanan saat kondisi minyak sudah panas, maka berbeda dengan onde-onde. Sebaiknya, masukkan onde-onde ke dalam minyak yang belum terlalu panas. Pasalnya, perubahan suhu ekstrem pada minyak bisa membuat onde-onde justru mudah meletus dan bahkan tidak bisa mengembang.

"Kasus yang banyak ditemui dalam menggoreng kue onde-onde adalah itu meletus. Itu disebabkan waktu memasukkan onde-onde, minyak dalam keadaan sangat panas," terang YouTube/sobat dapur dikutip BrilioFood pada Minggu (6/11).

Pastikan penggunaan apinya juga stabil. Hindari menggunakan api terlalu besar karena bisa membuat onde-onde cepat gosong dan bagian dalamnya tidak matang sempurna. Oleh karena itu, sebaiknya gunakan api kecil ini dari awal sampai akhir proses penggorengan.

Trik menggoreng onde-onde antimeletus dan wijennya tak rontok

foto:YouTube/sobat dapur

"Dari awal sampai akhir, pakai api kecil, nanti di akan mengapung sendiri," jelasnya lebih lanjut.

Selama proses penggorengan ini, tak perlu membolak-balik onde-onde. Biarkan onde-onde matang dan mengapung dengan sendirinya. Jika membolak-balik onde-onde terlalu sering saat digoreng, akan sangat mungkin wijen yang menempel jadi rontok sehingga membuat onde-onde jadi tak cantik.

"Jangan dibolak-balik ya, nanti wijennya rontok," kata YouTube/sobat dapur.

Trik menggoreng onde-onde antimeletus dan wijennya tak rontok

foto: YouTube/sobat dapur

Setelah onde-onde sudah mengembang dan garing, bisa langsung diangkat dan ditiriskan. Tampak onde-onde pun jadi lebih cantik dengan full wijen yang menempel dan bulat sempurna. Trik menggoreng onde-onde ini rupanya telah menarik perhatian 255 ribu penonton. Tidak hanya itu, ada ratusan warganet yang turut membanjiri kolom komentar video tersebut. Bahkan ada juga yang mengaku berhasil mempraktikkan trik tersebut.

"Kemaren bikin onde2 pake tipsnya bunda ini nih....alhamdulillah mateng dg sempurna...makasih,bun...," ujar YouTube/Risa Wulansari.

"Pantesan aja aq goreng onde2 meletus kaya petasan...hehehe terima kasih sobat dapur untuk triknya," papar YouTube/emil muzamil.

"Cantik bangett onde onde nya," sahut YouTube/alim Ishnan.

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya