Siapkan terlebih dahulu jengkol yang akan diolah. Namun, pastikan jengkol sudah dalam keadaan benar-benar tua, ya. Lalu kupas bagian kulitnya dan potong kecil-kecil.

“Kita potong kecil-kecil biar cepat matang,” ungkapnya, dikutip BrilioFood dari YouTube Galeri Linda pada Minggu (17/12).

foto: YouTube/Galeri Linda

Kemudian cuci potongan jengkol hingga bersih di bawah air mengalir. Pastikan seluruh permukaan jengkol tak lagi bergetah, ya. Jika sudah bersih, tiriskan jengkol.

foto: YouTube/Galeri Linda

Tuang minyak goreng secukupnya ke wajan lalu nyalakan api kompor. Setelah minyak goreng panas, masukkan potongan jengkol ke dalam wajan. Aduk-aduk terus sampai kulit jengkol mengelupas dengan sendirinya.

foto: YouTube/Galeri Linda

Jika sudah matang dan tampak kecokelatan, langsung angkat jengkol. Bukan ditiriskan, namun pindahkan potongan jengkol ke dalam mangkuk yang sudah diisi air dingin dan 1 sdm garam. Rendam jengkol selama 3-5 menit.

Perendaman jengkol pakai air garam ini bertujuan untuk menghentikan proses pemasakan pada jengkol. Tiriskan jengkol setelah direndam selama 3-5 menit.

foto: YouTube/Galeri Linda

Jengkol pun bisa langsung dikonsumsi ataupun dimasak lagi dengan bumbu. Jengkol yang dihasilkan pun tampak empuk dan pulen hingga seharian.

foto: YouTube/Galeri Linda

Menarik ditiru, kan?