"Ini awet seminggu, bahkan 10 hari juga masih tetap bagus kalau kita simpan sesuai tutorialnya," ungkapnya, dikutip BrilioFood dari YouTube BISNIS IBU RUMAH TANGGA pada Kamis (11/5).

Pertama-tama, pisahkan dulu bagian daun serta akar kangkung. Nah, untuk bagian akarnya, Nada mengaku nggak pernah membuangnya karena bisa ditumbuhkan kembali. Cukup pakai media tanam air yang dicampurkan dengan micin, tunas kangkung yang baru akan muncul dalam beberapa minggu.

foto: YouTube/BISNIS IBU RUMAH TANGGA

Sementara itu, bagian daunnya bisa dicuci di bawah air mengalir sampai bersih, lalu ditiriskan. Tak perlu menunggu sampai benar-benar kering, kemudian pindahkan sayur kangkung ke toples atau kantong plastik dan pastikan kondisinya tidak terlalu penuh supaya kangkung bisa tetap segar saat disimpan nantinya.

foto: YouTube/BISNIS IBU RUMAH TANGGA

Letakkan plastik atau toples berisi kangkung ke dalam chiller kulkas. Nah, supaya kangkung bisa segar dalam waktu lama, 1 jam pertama disimpan, toples atau plastiknya jangan ditutup terlebih dahulu. Setelah 1 jam, baru toples atau plastik bisa ditutup rapat. Dijamin, dengan cara ini kangkung tidak akan layu hingga lebih dari seminggu.

"Kita biarin aja terbuka, kita ambil dulu suhu dingin kulkas untuk menyegarkan kangkung ini, ya," jelas Nada.

foto: YouTube/BISNIS IBU RUMAH TANGGA

Gimana, simpel banget kan cara menyimpan sayur kangkung ini? Mengintip kolom komentar di unggahan YouTube BISNIS IBU RUMAH TANGGA, banyak warganet yang terinspirasi dengan cara ini, lho. Unggahan ini juga sudah ditonton lebih dari 187 ribu kali usai dibagikan pada 2021 lalu.

Cara menyimpan sayur kangkung supaya tak layu
© 2023 brilio.net/Rakha Kharista

"Tips nya bagus banget bisa memanfaat kan kangkung yang udah mulai layu bisa jadi segar dan akar nya bisa di tanam lagi kok luar biasa daur ulangnya," kata YouTube DRUM ARDUINO.

"Terima kasih Bu infonya. Akan saya coba," imbuh YouTube Sumariyati Maria.

"Wah bermanfaat banget mba...kr kangkung adalah sayur favorit klrg saya. Makasih ," ujar YouTube Tri setia Susanti.

"alhamdulillah ketemu tips ini, lgsg eksekusi," cetus YouTube Dissa.

"Tips kerenn," puji YouTube Sahita Seruni Channel.