7 Cara bikin pewarna hitam alami untuk makanan, bisa pakai daun pisang

7 Cara bikin pewarna hitam alami untuk makanan, bisa pakai daun pisang
foto: YouTube/Lilis Rahma berikut

Brilio.net - Ada banyak warna yang kerap digunakan untuk mempercantik makanan, salah satunya adalah warna hitam. Beberapa makanan seperti burger, mi, martabak, pizza, hingga aneka dessert dan kue kini disajikan dengan warna hitam yang legam. Tampilan makanan berwarna hitam ini bisa jadi daya tarik tersendiri. Bahkan penggunaan warna hitam pada makanan juga dapat meningkatkan nafsu makan penikmatnya.

Tak heran jika kini ada banyak pebisnis kuliner yang mengkreasikan makanannya dengan warna hitam. Untuk menghasilkan warna hitam ini, kamu bisa menggunakan pewarna makanan instan yang banyak dijual di pasaran. Namun selain itu, ada juga alternatif pewarna hitam lain yang lebih alami. Kamu bisa memanfaatkan daun pisang kering untuk mewarnai makanan dengan warna hitam, lho.

Penggunaan daun pisang kering sebagai pewarna hitam ini dibagikan oleh pengguna YouTube bernama Lilis Rahma. Melalui salah satu unggahannya, Lilis membeberkan cara mengolah daun pisang kering jadi pewarna hitam alami untuk makanan. Tidak sampai disitu, dia pun turut menjelaskan cara penggunaan pewarna alami tersebut.

Penasaran bagaimana cara membuatnya? Untuk mengetahuinya lebih lanjut, simak ulasan BrilioFood dari YouTube/Lilis Rahma berikut, Selasa (29/11).

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya