9 Bahan makanan tinggi zinc ini bisa tingkatkan imun tubuh

08 / 08 / 2021 11:01 WIB Shahfara Raida
9 Bahan makanan tinggi zinc ini bisa tingkatkan imun tubuh
foto ilustrasi: pixabay.com

Brilio.net - Pandemi Covid-19 belum benar-benar berakhir, sehingga sangat disarankan untuk memenuhi berbagai nutrisi untuk tubuh biar tetap sehat dan terhindar dari virus. Vitamin C dan D yang bisa didapat dari buah-buahan, suplemen, cahaya matahari, dan lain-lain berperan penting untuk menjaga kekebalan tubuh.

Nggak hanya vitamin C dan E, zinc juga diperlukan oleh tubuh, lho. Zinc adalah kandungan mineral penting yang baik untuk kesehatan, bekerja dengan cara membantu tubuh menyerap berbagai nutrisi dan mempertahankan kekebalan tubuh.

Dilansir dari National Library of Medicine, tubuh tidak dapat menyimpan zinc. Sehingga untuk memenuhi kebutuhan zinc, perlu mengonsumsi berbagai makanan mengandung zinc setiap harinya. Jika zinc tidak dipenuhi, daya tahan tubuh bisa menurun dan mudah sakit.

Biar tetap sehat, kamu bisa mengonsumsi berbagai bahan makanan mengandung zinc di bawah ini. Berikut sembilan bahan makanan tinggi zinc yang bisa tingkatkan imun tubuh, dilansir Brilio Food dari berbagai sumber, Minggu (8/8).

1. Daging.

9 Bahan makanan tinggi zinc  Pixabay

foto: pixabay.com

Daging, lebih tepatnya daging merah adalah salah satu sumber zinc yang baik. Beberapa jenis daging merah yang bisa membantu penuhi kebutuhan zinc antara lain daging sapi dan kambing. Namun, perlu diperhatikan juga jumlah daging merah yang dikonsumsi.

Sebab, daging merah biasanya bisa meningkatkan risiko penyakit jantung dan kanker. Makanya, sebaiknya mengonsumsi daging merah secukupnya saja. Pun, sebaiknya kurangi mengonsumsi daging olahan.

2. Kerang.

9 Bahan makanan tinggi zinc  Pixabay

foto: pixabay.com

Kerang juga salah satu bahan makanan sehat yang rendah kalori namun tinggi zinc. Jenis kerang yang bisa jadi sumber zinc terbaik adalah oyster (tiram). Jenis kerang lainnya memang tidak memiliki zinc sebanyak oyster, namun tetap baik untuk dikonsumsi. Sebagai catatan, khusus untuk ibu hamil, sebaiknya mengonsumsi kerang yang sudah dimasak untuk mencegah risiko keracunan makanan dan membahayakan janin.

3. Tumbuhan jenis legume.

9 Bahan makanan tinggi zinc  Pixabay

foto: pixabay.com

Jenis kacang-kacangan (legume) seperti kacang polong, kacang merah, kedelai, dan lain-lain bisa jadi sumber asupan zinc untuk tubuh. Nah, buat yang menjalani pola makan vegetarian (plant-based), jenis kacang-kacangan ini cocok banget dikonsumsi untuk memenuhi zinc pada tubuh. Jadi, zinc nggak hanya bisa didapat dari bahan hewani, ya.

4. Biji-bijian.

9 Bahan makanan tinggi zinc  Pixabay

foto: pixabay.com

Cocok juga untuk vegetarian, biji-bijian juga bisa membantu meningkatkan asupan zinc pada tubuh. Biji wijen dan biji labu bisa jadi pilihan terbaik untuk dikonsumsi agar bisa meningkatkan imun tubuh. Selain zinc, biji-bijian ini juga tinggi serat, lemak baik, vitamin, dan mineral.

5. Kacang.

9 Bahan makanan tinggi zinc  Pixabay

foto: pixabay.com

Ternyata, mengonsumsi kacang seperti jambu mete, almond, dan lain-lain bisa meningkatkan asupan zinc pada tubuh. Terutama kacang mete, setiap 28 gramnya bisa memenuhi 15 persen zinc kebutuhan tubuh kita. Kacang ini pun bisa menurunkan risiko penyakit jantung, kanker, dan diabetes.

6. Bahan olahan susu.

9 Bahan makanan tinggi zinc  Pixabay

foto: pixabay.com

Daily produk seperti susu dan keju tinggi zinc yang baik untuk tubuh. Selain bisa membantu meningkatkan imun tubuh, olahan susu ini bisa juga memperkuat tulang dari nutrisi protein, kalsium, dan vitamin D di dalamnya.

7. Telur.

9 Bahan makanan tinggi zinc  Pixabay

foto: pixabay.com

Telur pun bisa memenuhi kebutuhan zinc setiap harinya. Bahkan, bahan makanan ini pun sangat kaya nutrisi, seperti kalori, protein, lemak baik, vitamin serta mineral dari vitamin B dan selenium.

8. Sayuran.

9 Bahan makanan tinggi zinc  Pixabay

foto: pixabay.com

Secara umum, sayuran memang tidak memiliki kandungan zinc sebanyak bahan makanan lainnya yang sudah disebutkan di atas. Tetapi, sayuran tertentu bisa membantu menambah asupan zinc, apalagi buat kamu yang nggak makan daging. Misalnya, dilansir dari healthline.com, kentang dan umbi-umbian bisa memberikan 9 persen asupan zinc.

Selain itu, sayuran hijau seperti kacang hijau dan kale pun bisa jadi alternatif. Walaupun nggak sebanyak bahan lain kandungan zincnya, sayuran tetap baik untuk dikonsumsi karena kaya vitamin, serat, dan nutrisi baik lainnya.

9. Cokelat hitam.

9 Bahan makanan tinggi zinc  Pixabay

foto: pixabay.com

Siapa sangka ternyata bahan makanan yang kerap dibuat kue maupun minuman ini bisa menjadi sumber asupan zinc untuk tubuh. Setiap 100 gram cokelat hitam dapat memenuhi 30 persen kebutuhan zinc pada tubuh, lho. Tetapi, usahakan untuk mengonsumsi cokelat yang tanpa tambahan gula maupun pemanis dan perasa lainnya, ya. Biar nggak menambah kalori pada tubuh.

(brl/mal)

Video

Selengkapnya

Tim Ikan Kakap Merah

  • Kentang Balado Petai

    Kentang Balado Petai

  • Bakwan Sayur

    Bakwan Sayur

  • Ayam Goreng Sambal Kuning

    Ayam Goreng Sambal Kuning

Review

Selengkapnya