Bukan asam jawa atau garam, trik rebus bunga pepaya pakai 1 jenis daun ini bikin rasa pahitnya hilang

Bukan asam jawa atau garam, trik rebus bunga pepaya pakai 1 jenis daun ini bikin rasa pahitnya hilang
foto: YouTube/Ayu Kusma family

Brilio.net - Beberapa bahan makanan ada yang secara alami memiliki rasa kurang enak, misalnya rasa pahit seperti pada bunga pepaya. Usut punya usut, rasa pahit dari bunga pepaya ini berasal dari zat bernama karpain alkaloid. Meski pahit, bahan makanan satu ini punya banyak sekali manfaat untuk kesehatan, lho.

Dilansir dari vinmec.com, bunga pepaya bisa menstabilkan tekanan darah tinggi, mencegah serangan jantung, meningkatkan metabolisme tubuh, melancarkan pencernaan, dan lain-lain. Nggak heran kalau bunga satu ini banyak jadi pilihan menu sayur untuk disantap bersama nasi dan aneka lauk, ya?

Nah, sebelum dimasak, biasanya bunga pepaya harus direbus terlebih dahulu supaya rasanya tak pahit lagi. Proses perebusan ini juga membutuhkan sejumlah bahan yang bisa membantu menghilangkan rasa pahit. Biasanya, orang-orang memanfaatkan sejumlah bahan dapur, seperti garam dan asam jawa.

Di samping itu, ada pula bahan lain yang juga ampuh bekerja menghilangkan rasa pahit pada bunga pepaya, lho. Hal ini dijelaskan oleh warganet bernama Ayu lewat sebuah unggahan di akun YouTube pribadinya Ayu Kusma family. Ia mengatakan, bahan yang dibutuhkan hanya satu jenis daun yang pastinya familiar di kalangan masyarakat Indonesia.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya