Bukan direndam air, ini cara menyimpan jahe agar tak kering dan keriput hingga berbulan-bulan

Bukan direndam air, ini cara menyimpan jahe agar tak kering dan keriput hingga berbulan-bulan
Instagram/@ummubalqishaura

Brilio.net - Jahe dikenal sebagai rempah yang memiliki aroma khas dan rasa cenderung pedas. Aroma jahe ini sangat kuat dan menyegarkan, sehingga membuatnya sering digunakan untuk memasak. Masakan yang diolah dengan campuran jahe biasanya jadi lebih sedap dan menggugah selera.

Karena sering digunakan, jahe termasuk rempah yang kerap disimpan dalam jumlah banyak sebagai stok. Sayangnya, rempah jenis rimpang satu ini mudah sekali kering dan keriput. Hal ini biasanya disebabkan karena proses penyimpanannya yang kurang tepat.

Pada dasarnya, sejumlah orang umumnya hanya meletakkan jahe begitu saja di kulkas atau bahkan di lemari dapur. Namun karena dinilai cepat kering, banyak juga yang kemudian menerapkan cara khusus dalam menyimpan jahe. Salah satunya adalah dengan merendamnya dalam air. Usut punya usut, cara ini dapat membuat jahe tetap segar dalam waktu yang lama.

Namun kekurangan dari metode tersebut adalah air yang digunakan cenderung mudah keruh. Kamu harus mengganti air rendamannya secara rutin agar jahe tidak busuk. Bagi beberapa orang, proses ini memang cenderung ribet.

Padahal ada cara lain yang bisa digunakan saat hendak menyimpan jahe agar tidak mudah kering dan keriput. Cara ini dibagikan oleh pengguna Instagram @ummubalqishaura. Melalui salah satu video Reels yang diunggah, dia mengaku cara tersebut dapat membuat jahe awet segar hingga berbulan-bulan lamanya.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya