Bukan direndam cuka, ini trik praktis basmi lendir dan sisa darah pada daging ayam sebelum diolah

Bukan direndam cuka, ini trik praktis basmi lendir dan sisa darah pada daging ayam sebelum diolah
TikTok/@mazbakery ; TikTok/@hardiyanti1221

Brilio.net - Daging ayam termasuk favorit banyak orang. Jenis protein satu ini memang cocok diolah dengan berbagai macam masakan. Mulai dari digoreng, dimasak kuah, atau bahkan dibakar. Bumbu yang digunakan juga sangat beragam, kamu bisa memasaknya dengan bumbu balado, saus asam manis, sambal matah, dan lainnya.

Namun sebelum dimasak dengan bumbu, daging ayam perlu diolah terlebih dahulu. Salah satu tahap penting dalam pengolahan daging ayam adalah pada proses pembersihan. Daging ayam memiliki banyak lendir dan sisa darah yang kerap menempel di sela-sela tulang dan dagingnya. Nah, lendir dan sisa darah tersebut bisa membuat daging terasa amis.

Lantas untuk menghilangkan sisa darah dan lendir tersebut, sejumlah orang biasanya akan mengandalkan bahan khusus. Cuka adalah salah satu di antara bahan dapur yang sering dipakai untuk mencuci daging ayam. Jadi, daging ayam akan direndam dengan air yang sudah dicampur cuka.

Dalam beberapa kasus, metode ini memang ampuh menghilangkan lendir pada daging ayam. Namun tidak semua sisa darahnya bisa bersih begitu saja. Bukan tanpa sebab, sisa darah pada daging ayam ini kerap menempel dengan kuat.

Alih-alih merendamnya dengan cuka, kamu bisa menggunakan trik lain yang lebih ampuh, lho. Seorang pengguna TikTok @mazbakery pernah membagikan triknya melalui salah satu video yang diunggah. Dia mengaku menggunakan dua bahan dapur untuk menghilangkan lendir sekaligus sisa darah pada daging ayam.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya